Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan Presfektif Al-Qur’an.
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i2.39Keywords:
Konsep Pendidikan Al-Qur`an, Konsep Kejujuran dalam Al-Qur`an.Abstract
Kajian dalam tulisan ini tentang konsep Al-Qur`an tentang Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan (Tela`ah Kitab Safwah Al-Tafasir, karya Syekh Muhammad Ali As-Sabuni) bertujuan untuk mengetahui konsep dan nilai kejujuran yang terkandung dalam Al-Qur`an yang ditinjau dari ranah pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian tematik yang bertujuan untuk menemukan sebuah konsep dan nilai kejujuran dalam Al-Qur`an. Bebarapa konsep yang tercantum dalam Al-Qur`an tentang kejujuran, yang di antaranya adalah: 1) صدق yang bermakna jujur dan benar. 2) صدق yang berarti membenrkan. 3) صدق yng mempunyai arti maskawin. 4) صدق bermakna memberikan sedekah. 5) تصدق yang berarti memberikan sedekah pula. Nilai-nilai kejujuran yang ada di dalam Al-Qur`an adalah kejujuran dalam bersikap, yang di antaranya: 1) Jujur dalam berkata. 2) Jujur dalam hati. 3) Tidak berkhianat. Lawan sifat jujur adalah: 1) Berkata dusta. 2) Menghianati janji. 3) Lalai dalam menjalankan amanah. Syekh Muhammad Ali As-Sabuni memberikan gambaran dari orang yang jujur. Bahwa orang yang jujur adalah kepercayaan yang utuh kepada Allah SWT dan kepada para utusan utusannya, tidak memiliki keraguan dalam beriman kepada Allah SWT serta mengorbankan segala harta benda yang dimilikinya semata mata hanyalah karena Allah SWT. Jujur memiliki banyak pengaruh diantaranya adalah: 1) Memilik watak yang baik. 2) Mengikat silaturrahim yang baik. 3) Tertanamnya kepercayaan dari semua orang.
Downloads
References
Al-Maliki. Syekh Ahmad Sawi, Hasyah Al-Sawi, Libanon: Dar Al-Fikr.
As-Sabuni. Syekh Muhammad Ali, 2011. Rawai`u Al-Bayan, Bairut: Dar Ibnu `abud
As-Sabuni. Syekh Muhammad Ali, 2011. Safwah Al-Tafasir, Bairut: Al-Maktabah Al-`asriya.
Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Focus Media, 2010),206 Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2011)
Depdiknas, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005. (Jakarta: Depdiknas, 2005)
Depdiknas, Undang-Undang Sitem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. (Jakarta: Depdiknas, 2003)
Kelly, K.. Menghentikan perilaku buruk anak. (M. Kusumawati, penerj.). (Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2005) Karya asli dipublikasikan tahun 2003)
Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitiaan Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1989)
Nawawi. Imam Abi Zakariya Yahya bin Syarif, 2006, Riyad Al-Salihin, Bairut: Maktabah Al-Asriya.
Shihab. M. Quraish, 2002 Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 13, Jakarta : Lentera Hati
Soejono dan Abdurrahman, Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapannya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)
Syekh Muhammad Ali As-Shobuni, Safwah Al-Tafasir
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ghufron Ghufron, Ahmad Royani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.