Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan Presfektif Al-Qur’an.

Authors

  • Ghufron Ghufron Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ahmad Royani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i2.39

Keywords:

Konsep Pendidikan Al-Qur`an, Konsep Kejujuran dalam Al-Qur`an.

Abstract

Kajian dalam tulisan  ini tentang konsep Al-Qur`an tentang Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan (Tela`ah Kitab Safwah Al-Tafasir, karya Syekh Muhammad Ali As-Sabuni) bertujuan untuk mengetahui konsep dan nilai kejujuran yang terkandung dalam Al-Qur`an yang ditinjau dari ranah pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian tematik yang bertujuan untuk menemukan sebuah konsep dan nilai kejujuran dalam Al-Qur`an. Bebarapa konsep yang tercantum dalam Al-Qur`an tentang kejujuran, yang di antaranya adalah: 1)  صدق yang bermakna jujur dan benar. 2) صدق yang berarti membenrkan. 3) صدق yng mempunyai arti  maskawin. 4) صدق bermakna memberikan sedekah. 5) تصدق yang berarti memberikan sedekah pula. Nilai-nilai kejujuran yang ada di dalam Al-Qur`an adalah kejujuran dalam bersikap, yang di antaranya: 1) Jujur dalam berkata. 2) Jujur dalam hati. 3) Tidak berkhianat. Lawan sifat jujur adalah: 1) Berkata dusta. 2) Menghianati janji. 3) Lalai dalam menjalankan amanah. Syekh Muhammad Ali As-Sabuni memberikan gambaran dari orang yang jujur. Bahwa orang yang jujur adalah kepercayaan yang utuh kepada Allah SWT dan kepada para utusan utusannya, tidak memiliki keraguan dalam beriman kepada Allah SWT serta mengorbankan segala harta benda yang dimilikinya semata mata hanyalah karena Allah SWT.  Jujur memiliki banyak pengaruh diantaranya adalah: 1) Memilik watak yang baik. 2) Mengikat silaturrahim yang baik. 3) Tertanamnya kepercayaan dari semua orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Maliki. Syekh Ahmad Sawi, Hasyah Al-Sawi, Libanon: Dar Al-Fikr.

As-Sabuni. Syekh Muhammad Ali, 2011. Rawai`u Al-Bayan, Bairut: Dar Ibnu `abud

As-Sabuni. Syekh Muhammad Ali, 2011. Safwah Al-Tafasir, Bairut: Al-Maktabah Al-`asriya.

Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Focus Media, 2010),206 Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2011)

Depdiknas, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005. (Jakarta: Depdiknas, 2005)

Depdiknas, Undang-Undang Sitem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. (Jakarta: Depdiknas, 2003)

Kelly, K.. Menghentikan perilaku buruk anak. (M. Kusumawati, penerj.). (Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2005) Karya asli dipublikasikan tahun 2003)

Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitiaan Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1989)

Nawawi. Imam Abi Zakariya Yahya bin Syarif, 2006, Riyad Al-Salihin, Bairut: Maktabah Al-Asriya.

Shihab. M. Quraish, 2002 Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 13, Jakarta : Lentera Hati

Soejono dan Abdurrahman, Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapannya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Syekh Muhammad Ali As-Shobuni, Safwah Al-Tafasir

Downloads

Published

2020-10-14

How to Cite

Ghufron, Ghufron, and Ahmad Royani. 2020. “Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan Presfektif Al-Qur’an.”. Fenomena 19 (2):162 -75. https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i2.39.

Issue

Section

Articles