Islamisasi Ilmu Pengetahuan sebagai Landasan Solusi Problematika Dikotomi Pendidikan Islam: Telaah atas Pemikiran Al-Faruqi

The Islamization of Knowledge as a Foundational Solution to the Problem of Islamic Education Dichotomy: A Study of Al-Faruqi's Thought

Authors

  • HM. Yusuf Ridwan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i1.528

Keywords:

Islamization of AI, Science, Islamic Education, Islamisasi AI, Ilmu Pengetahuan, pendidikan Islam

Abstract

This research aims to answer the following questions: What are the factors causing the dichotomy problem in Islamic education, and what are the solutions based on Isma’il Raji al-Faruqi's thought? To what extent can the Islamization of knowledge serve as a solution principle to address the dichotomy problem in Islamic education according to Isma’il Raji al-Faruqi? This study is a library research focusing on al-Faruqi's thought, utilizing primary and secondary sources. The analytical descriptive method is employed to describe, record, analyze, and interpret existing conditions.

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: Apa faktor-faktor yang menyebabkan problem dikotomi pendidikan Islam dan apa solusi untuk mengatasinya berdasarkan pemikiran Isma’il Raji al-Faruqi? Sejauh mana Islamisasi ilmu pengetahuan dapat menjadi prinsip solusi untuk memecahkan problem dikotomi pendidikan Islam berdasarkan pemikiran Isma’il Raji al-Faruqi? Penelitian ini merupakan penelitian tentang pemikiran Isma’il Raji al-Faruqi dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), di mana bahan-bahan yang digunakan diperoleh dari data-data kepustakaan, baik sumber primer maupun sekunder. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Akbar S. Al-Biruni: The First Anthropologist Spring. London: Royal Anthropology Institute News.

Ahmad, Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1992.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Terj. A. Mahyudin. Bandung: Pustaka, 1984.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamisasi Pengetahuan. Terj. Anas Mahyudin. Bandung: Pustaka, 1984.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Taubid. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Pustaka, 1982.

Azra, Azyumardi. Pergolakan Politik Islam. Jakarta: Paramadina, 1996.

Baidlowi, Ahmad. "Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Sebuah Respon terhadap Gagasan Ismail Raji al-Faruqi". Dalam Refleksi. Yogyakarta: IAIN SuKa Ushuludin, 2002.

Bakar, Osman. Taubid dan Sains. Terj. Yuliani Liputo. Bandung: Pustaka Hidayah, 1991.

Esposito, John L. "Ismail Raji al-Faruqi". Dalam John L. Esposito (Ed.), The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World, Vol. 2. New York: Oxford University Press, 1995.

Husni, Amin, dan Ali Mufts. Citra Kampus Religius Urgensi Dialog Konsep Teoritis-Empirik dengan Konsep Normatif Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1986.

Kartini. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju, 1996.

Kuntowijoyo. Paradigma Islam, Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 1991.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.

Lodhi, M. A. K. Islamization of Attitudes and Practices in Science and Technology. Riyadh: IIPH, 1989.

Mardalis. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Bandung: Jemmars, 1982.

Praja, Juhaya S. Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam. Jakarta: Teraju, 2002.

Pratikya, Ahmad Watik. "Identifikasi Masalah Pendidikan Agama Islam di Indonesia". Dalam Muslih (Ed.), Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Sardar, Ziauddin. Islamic Futures: The Shape of Ideas to Come. London: Mansell Publishing Limited, 1985.

Downloads

Published

2013-04-04

How to Cite

Ridwan, H. Y. (2013). Islamisasi Ilmu Pengetahuan sebagai Landasan Solusi Problematika Dikotomi Pendidikan Islam: Telaah atas Pemikiran Al-Faruqi: The Islamization of Knowledge as a Foundational Solution to the Problem of Islamic Education Dichotomy: A Study of Al-Faruqi’s Thought. Fenomena, 12(1), 11-28. https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i1.528