Pengembangan Mutu Guru di MAN 3 Jember Tahun 2013
Teacher Quality Development at MAN 3 Jember in 2013
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i2.545The development of human resources, especially teachers in Islamic educational institutions, is a necessity to survive in the era of globalization. Teachers are a crucial component and the key to the success of the learning process in schools. The quality of a school is often associated with the quality of students and teachers, who interact directly with students in the classroom. Teacher quality development is directed toward creating professional educators with high work ethics and a strong commitment to values imbued with the spirit of worship. However, the current reality still highlights concerns about the low quality of Islamic education teachers due to unclear development directions. Therefore, a proper, reliable, and comprehensive teacher resource development strategy is needed to achieve the desired goals.
Pengembangan mutu sumber daya manusia, khususnya guru di lembaga pendidikan Islam, merupakan suatu keharusan untuk tetap bertahan di era globalisasi. Guru adalah komponen penting dan kunci keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Mutu sebuah sekolah sering dikaitkan dengan mutu siswa dan guru, yang berinteraksi langsung dengan siswa di kelas. Pengembangan mutu guru diarahkan pada pembentukan pendidik yang profesional, beretos kerja tinggi, dan berkomitmen pada nilai-nilai ibadah. Namun, realitas saat ini masih banyak mengeluhkan rendahnya mutu guru pendidikan Islam karena arah pengembangannya belum jelas. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan sumber daya guru yang tepat, andal, dan komprehensif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Downloads
References
Abdul Hadis. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Malang: UIN Press.
Abdul Munif. 2013. "Pengembangan Mutu Guru di MAN 3 Jember Tahun 2013." Fenomena, Vol. 12, No. 2, hlm. 239-250.
Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.
Azyumardi Azra. 1999. Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aditya Media.
Bafadhal, Ibrahim. 2006. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhanuddin (ed.). 2004. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Direktorat Pendidikan. 2007. Modul Perencanaan Lembaga. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fathurrohman. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Gasperesz, Vicent. 2013. All In One: Integrated Total Quality, Talent Management. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan Langgulung. 1980. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.
Hilliard. 2007. Human Resources Management. Jakarta: Gramedia.
Khoe Yau Tung. 2002. Simfoni Sedih Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Mutu. Malang: Litbang Kemenag RI.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Muhammad. 2004. Kiat Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Permata Press.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. Terj. Ahmad Ali Riyadi. Yogyakarta: IRCiSoD.
Tim Permata Press. 2013. Kumpulan Undang-Undang Pendidikan. Jakarta: Permata Press.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Yusuf Al-Qardhawi. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. Terj. Bustani A. Gani. Jakarta: Bulan Bintang.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2013 Abdul Munif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.