EFEKTIVITAS BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN KELAS VI SD
Effectiveness Of Android-Based Interactive E-Module Teaching Materials To Increase Understanding Of The Concept Of Circles In The Fourth Grade Of Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran Matematika materi konsep lingkaran. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar Matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes. Sampel penelitian ini dilakukan dengan purpose sampling. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI tentang konsep lingkaran dengan nilai t-hitung 30,926 sedangkan t-tabel sebesar 1,9765 maka t-hitung > t-tabel atau 30.926 > 1,9765.
The background of the problem in this study is the low learning outcomes of sixth-grade students in learning mathematics Circle concept material. The factors that cause the learning outcomes of Mathematics are still low one of them is the lack of use of interesting teaching materials that support the learning process. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of android-based Interactive E-module mathematics teaching materials to improve understanding of the concept of the circle in the sixth grade of Elementary School in the Demak District. Data collection techniques used are observation, questionnaire, and written test. Research instruments in the form of tests. This study was conducted with the purpose of sampling. Data analysis includes data description, prerequisite analysis test, and hypothesis test using a t-test. The results of the survey are teaching materials mathematics Interactive E-module based on android is quite effective to improve the understanding of the concept of the circle of Class VI on the concept of a circle with a value of t-count of 30.926 while the t-table of 1.9765 then t-count > t-table or 30,926 > 1.9765.
Downloads
References
Alismail, H. A., & McGuire, P., 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6) 2015.
Cheng, S. F., Application of Creative Teaching. Hu Li Za Zhi The Journal of Nursing, 65(6) 2018, 4, https://doi.org/10.6224/JN.201812_65(6).01.
Daryanto dan Dwicahyono, Pengembangan Perangkat Pembelajaran. (Silabus, RPP, PHB Bahan Ajar), (Yogyakarta: Gava Media, 2014).
Daryanto, Menyusun modul, bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar (Yogyakara: Penerbit Gava Media, 2013).
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Gava Media, 2014).
Desyandri & Vernanda, D. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Dalam Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 2017.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia, 2011).
Kariadinata, R., Kemampuan visualisasi geometri spasial siswa Madrasah Aliyah Negeri kelas X melalui sioftware pembelajaran mandiri. Jurnal Edukasi Matematika, 1 (2) 2010.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru (Jakarta: Referensi, 2013).
Prastowo, Andi, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (Yogyakarta: DIVA Press, 2012).
Prastowo, Andi, Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktis (Yogjakarta: DI-VA Press, 2014).
Sugianto, Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Volume IX, No. 2, Agustus 2013: 101-116. https://ejournal.upi.edu/ in-dex.php/invotec/article/viewFile/4860/3399
Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), (Bandung: Alfabeta, 2016).
Ula, I. R., & Fadila, A., Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development Sys-tem Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2) 2018, 201-207. SSN: 2613-9073, Online ISSN: 2613-9081
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D., Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flip-book maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2) 2018, 147-156. ISSN: 2613-9073
Wiyani, Novan Ardy, Manajemen Kelas (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Makmun Murod, Slamet Utomo, Sri Utaminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.