News Value dalam Konstruksi Berita Media Massa Lokal: Studi Fenomenologi tentang Penggunaan News Value dalam Konstruksi Berita pada Koran Harian Radar Jember
News Value in the Construction of Local Mass Media News: A Phenomenological Study on the Use of News Value in News Construction at the Daily Newspaper Radar Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v11i2.520The strength of mass media is determined by the quality of news. The quality of news is influenced by the news value set by the mass media. Similarly, the strength of local mass media depends on the news value used in constructing the news. Moreover, news construction serves as a stake for the media in providing market appeal. Some elements of news value, such as freshness, uniqueness, drama, actuality, proximity, magnitude, controversy, figures, exclusivity, and mission, become standards in judging whether an event is worth reporting. Journalists, editors, managing editors, and editors-in-chief have their own styles in applying news value in news construction. Based on this study, it is concluded that: reporters, editors, managing editors, and editors-in-chief of Radar Jember apply the news value taken from Java Pos as the main media, referred to as the "pillars of faith." Furthermore, in constructing news, all elements of news value are considered to determine the story's appeal. However, in certain journalistic practices, not all elements of news value are taken into account in determining the suitability of news.
Kekuatan media massa ditentukan oleh kualitas berita. Kualitas berita dipengaruhi oleh nilai berita (news value) yang ditetapkan oleh media massa. Demikian pula, kekuatan media massa lokal bergantung pada nilai berita yang digunakan dalam mengonstruksi berita. Selain itu, konstruksi berita menjadi modal bagi media dalam menyediakan daya tarik pasar. Beberapa unsur nilai berita seperti baru, unik, dramatik, aktual, kedekatan (proximity), besar (magnitude), kontroversi, tokoh, eksklusif, dan misi menjadi standar dalam menilai suatu peristiwa atau kejadian yang akan dilaporkan. Wartawan, redaktur, redaktur pelaksana, dan pemimpin redaksi memiliki gaya masing-masing dalam menerapkan nilai berita dalam konstruksi berita. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa: wartawan, redaktur, redaktur pelaksana, dan pemimpin redaksi Radar Jember menerapkan nilai berita yang diambil dari Jawa Pos sebagai media utama dan disebut sebagai "rukun iman". Selain itu, dalam mengonstruksi berita, semua unsur nilai berita menjadi pertimbangan untuk menentukan ketertarikan suatu cerita. Namun, dalam praktik jurnalistik tertentu, tidak semua unsur nilai berita dijadikan pertimbangan dalam menentukan kelayakan berita.
Downloads
References
Affuddin dan Beni Ahmad Saebani. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Bungin, Burhan. (2003). Pornomedia Konstruksi Sosial Teknologi Telematika dan Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta: Kencana.
Daymon, Cristine dan Immy Holloway. (2008). Metode-metode Riset Kualitatif. Jakarta: Bengang.
Djuraid, Husnun. (2006). Panduan Menulis Berita. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Press.
Eriyanto. (2009). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.
Hamad, Ibnu. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa; Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-Berita Politik. Jakarta: Granit.
Miles, H.B. dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Murtadlo, Ali. (2009). Kiat Jitu Menang Pemilu. Surabaya: Jawa Post Books (JP Books).
Panjaitan, Hinca IP. (2004). *1001 Alasan Undang-undang Pers Lex Specialis*. Jakarta: Serikat Penerbit Surat Kabar.
Romli, Asep Syamsul. (2001). Jurnalistik Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Singarimbun, Masri. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Tim LSPP. (2005). Media Sadar Publik. Jakarta: Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) dan Open Society Institute.
Wazis, Kun. (2012). Media Massa dan Konstruksi Realitas. Malang: Aditya Media Publishing.
Wibowo, Wahyu. (2009). Menuju Jurnalisme Beretika; Peran Bahasa, Bisnis, dan Era Politik di Era Mondial. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2012 Kun Wazis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.