Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup di SMK Al-Furqon Jambesari Darus Sholah Bondowos

Development of Life Skills Education at Al-Furqon Vocational School Jambesari Darus Sholah, Bondowoso

Authors

  • Syamsul Syamsul Universitas Bondowoso (UNIBO)

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i2.546

Keywords:

Management, Education, Life Skills, Manajemen, Pendidikan, Kecakapan Hidup

Abstract

Education is a conscious and deliberate effort to create a learning atmosphere and process so that learners actively develop their potential to possess spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble morals, and the skills needed for themselves, society, nation, and state. The development of life skills education, which includes cognitive, affective, and psychomotor skills, is an activity aimed at shaping students' creativity.

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar serta proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pengembangan pendidikan kecakapan hidup yang mencakup keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor merupakan kegiatan dalam membentuk kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrias. (2002). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Anwar. (2004). Pendidikan Hidup Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Depag RI. (2002). Al-qur'an Terjemah. Jakarta: Depag RI.

Direktorat Pendidikan. (2004). Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas.

Echols, John M., & Shadily, Hassan. (2000). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Handoko, Hani. (2001). Konsep Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jawwad, Muhammad Abdul. (2000). Mengembangkan Inovasi dan Kreativitas Berpikir (Terj. Fachruddin). Bandung: Asy-Syamil.

Komar, Oong. (2006). Filsafat Pendidikan Non Formal. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami S.C. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, Utami S.C. (2006). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sekretariat Negara RI. (2003). *Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional*. Jakarta: Sekretariat Negara.

Siagian, Sondang P. (1992). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sudarminto. (2000). Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

Syamsul, S. (2013). Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup di SMK Al-Furqon Jambesari Darus Sholah Bondowos: Development of Life Skills Education at Al-Furqon Vocational School Jambesari Darus Sholah, Bondowoso. Fenomena, 12(2), 251-260. https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i2.546