Renewal And Modernization of The Salaf Pesantren Education System in The Perspective of The Philosophy of Religious Studies
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v22i1.141One of the Islamic educational institutions, Salaf Pesantren had a significant impact on Indonesia’s advancement of science and moral education. It is appropriate ti investigate the renewal that these salaf pesantrens carry out in order to establish their existences. This salaf pesantren’s revitalization efforts are an attempt to meet the demands of a changing society. Therefore, the review in this paper examines the modernization and renewal of the salaf pesantren’s educational system through a case study of Hidayatut Thullab Pesantren, which was formerly known for its salaf education or classical but has since evolved into salaf education infused with contemporary ideas. The “paguon” or “pawiyatan system as well as renewal and modernization are discussed here from the perspectives of Ki Hadjar Dewantara, Fazlur Rahman, and the Philosophy of religious studies respectively. Hidayatut Thullab Islamic Boarding School has renewed and modernized its education system which is not only based on salaf education, namely non-formal education that focuses on dormitories but also transformed into more modern formal education, even up to the university level, coupled with other skills education as extracurricular education as a provision for the lives of its students.
Pesantren salaf adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki pengaruh dan kontribusi yang besar kepada Indonesia dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter. Sehingga layak untuk dikaji tentang pembaruan yang dilakukan oleh pesantren-pesantren salaf tersebut, sehingga eksistensinya tidak diragukan lagi. Pembaruan yang dilakukan oleh pesantren-pesantren salaf ini sebagai bentuk untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang dinamis. Maka tinjauan yang dilakukan pada tulisan ini adalah melihat pembaruan konsep atau sistem yang dilakukan pesantren salaf melalui studi kasus di pesantren Hidayatut Thullab sebagai bentuk perwujudan adanya pembaruan dan modernisasi pada pendidikannya yang pada awalnya dikenal dengan pendidikan salafnya saja atau klasik, kemudian bertransformasi menjadi pendidikan salaf yang berpadu dengan konspe modern. Tinjauan ini menggunakan pandangan Ki Hadjar Dewantara tentang sistem paguron atau pawiyatan, pandangan Fazlur Rahman tentang pembaruan dan modernisasi dan Filsafat Studi Islam. Pesantren Hidayatut Thullab telah melakukan pembaruan dan modernisasi terhadap sistem pendidikannya yang tidak hanya berpaku pada pendidikan salafnya yaitu pendidikan non formal yang fokus di asrama, tapi juga bertranformasi ke pendidikan formal yang lebih modern, bahkan naik sampai tingkat Perguruan Tinggi, ditambah dengan pendidikan keterampilan lainnya sebagai pendidikan ekstrakulikuler sebgai bekal kehidupan siswanya.
Downloads
References
Anwar, Ali. Pembaruan Pendidikan Di Pesantren Lirboyo Kediri. Kediri: IAIT Press, 2011. http://repository.iainkediri.ac.id/26/.
Arif, Miftahul. Wawancara Miftahul Arif, Mudir 3 Madrasah Ibtidaiyah Hidayatut Thullab Di Pesantren Hidayatut Thullab Pethuk, Puhrubuh, Kab, Kediri, 2019.
Arif, Solehan. “Modernisasi Pendidikan Islam Menutut Fazlur Rahman.” Gurusiana.Id. Last modified 2022. https://www.gurusiana.id/read/solehanarif/article/modernisasi-pendidikan-islam-menurut-pemikiran-fazlur-rahman-1041310.
Cece Wijaya et.al. Upaya Pembaruan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Rosdakarya, 1992.
Hasan, Muhammad. “Inovasi Dan Moderasi Pendidikan Pondok Pesantren.” Karsa: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman 23, no. 2 (2015). http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/karsa/article/view/728.
Hasan, Saiful. Wawancara Saiful Hasan, Mudir 1 Madrasah Hidayatut Thullab Di Pesantren Hidayatut Thullab Pethuk, Puhrubuh, Kab, Kediri. Kediri, 2019.
Indra, Hasbi. “Pesantren Salafiyah Education To Building The Character Of Nation.” International Journal Of Scientific & Technology Research 8, no. Oktober 10 (2019).
Lentera Petuk. “Lentera Petuk.” Youtube Lentera Petuk. Last modified 2018. http://www.youtube.com/@lenterapetuk1810.
Moh Maqbul Mawardi, Fida Ruhiyah. “The Relevance Of Positivie Education Concept For Pesantren in Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam: Islamic Education Institution Concerning Islamic Education 8, no. 2 (2022). https://journsl.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/19855.
Mualawi, Fuad. Wawancara Kepada Fuad Mualawi, Santri Senior Pondok Pesantren Hidayatut Thullab. Kediri, 2019.
Mudzakkir, Abdul Mujib dan Jusuf. Ilmu Pen-Didikan Islam. Jakarta: Kencana Pernada Media, 2006.
Munfarid. Wawancara Munfarid, Mudir 2 Madrasah Tsanawiyah Hidayatut Thullab Di Pesantren Hidayatut Thullab Pethuk, Puhrubuh, Kab, Kediri. Kediri, 2019.
Mutaalimah. “Model Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Salaf Di PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.” UIN Sunan Kalijaga, 2003. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12492/.
Nasir, M.Ridwan. Mencari Tipologi Format Pen-Didikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nurmahmudah. “Gaya Kepemimpinan Kiai Dalam Tradisi Pesantren.” Happiniess 2, no. 2 (2018). https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/view/342.
———. “Observasi Dan Wawancara Fuad, Miftahul Arif, Dkk. Pengurus Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten Kediri,” 2019.
Petuk, Lentera. “Profil Singkat Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Petuk Puhrubuh Semen Kediri 64161 Kediri Jawa Timur.” Lentera Pet Uk. Last modified 2022. https://pphpetuk.net/profile.
Pithouse, Kathleen. “Self-Study in Teaching and Teacher Education: Characteristics and Contributions.” Teaching and Teacher Education 119 (2022). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0742051X22002554.
Rochim, Taufiq. “Teori Dan Teknologi Proses Pemesinan.” Jakarta: Higher Education Development Support Project (1993).
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Sukirman. Teori, Model, Dan Sistem Pendidikan. Edited by Arifuddin. Cetakan I. Palopo: Lembaga Penerbitan Kampus IAIN Palopo, 2020. http://repository.iainpalopo.ac.id/3182/1/Teori%2C model%2C dan sistem pembelajaran.pdf.
Thullab, Pon-Pes Hidayatut. “Profil Pesantren Hidayatut Thullab.” Http://Www.Pphtpetuk.or.Id. Last modified 2018. http://www.pphtpetuk.or.id/profil-ppht/.
Yasin, Ahmad Asymuni. Wawancara Dan Observasi Kepada K.H. Ahmad Yasin Asymuni Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatut Thullab. Kediri, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurmahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.