REORIENTASI MASYARAKAT BONDOWOSO DALAM MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Bondowoso Community Reorientation In Choosing Islamic Educational Institutions

Authors

  • Mas’ud Mas’ud Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • M Suwignyo Prayogo Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.30
Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Islam Terpadu, Integrated Islamic Elementary School

Lembaga pendidikan dasar Islam baik Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dianggap lebih baik daripada SD umum karena berbagai alasan, salah satunya adalah karena anak merupakan investasi dunia akhirat. Dari pandangan dan persepsi orang tua tersebut, maka memilih memasukkan anaknya ke Madrasah maupun SDIT adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mencetak dan membekali anak-anak sejak dini dengan bekal ilmu umum dan agama secara seimbang sejak dini. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun judul penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang reorientasi masyarakat Bondowoso dalam memilih lembaga pendidikan Islam untuk anak-anaknya. Faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat Bondowoso dalam memilih MI At-Taqwa dan SD SDIT KIC Bondowoso yaitu : karena kedua lembaga tersebut mampu memberikan harapan positif kepada masyarakat terutama para orang tua dibidang keagamaan dan pengetahuan umum. Dibidang keagamaan berkaitan dengan pendidikan karakter (baik moral ataupun kinerja), ubudiyahnya semakian baik dan pengetahuan agamanya meningkat. Sedangkan dibidang pengetahuan umum kedua lembaga ini mampu membuktikan kepada masyarakat kalau sekolah tersebut penuh dengan prestasi. Itulah kesan yang ditangkap masyarakat sehingga mereka tertarik menyekolahkan putra/putrinya di lemabaga ini.

Islamic elementary education institutions, both Madrasah Ibtidaiyah (MI) and integrated Islamic Elementary School (SDIT), are considered better than public elementary schools for various reasons, one of which is because children are an investment in the afterlife. From the views and perceptions of these parents, choosing to enter their children into Madrasah and SDIT is one of the right choices to print and equip children from an early age with general knowledge and religion in a balanced way from an early age. At the same time, the type of research used in this study is descriptive qualitative research. The title of the research that will be discussed in this study is about the reorientation of the Bondowoso community in choosing Islamic educational institutions for their children. The factors behind the Bondowoso community in determining MI At-Taqwa and SD SDIT KIC Bondowoso are: because both institutions can provide positive expectations to the community, especially parents in the field of religion and general knowledge. In the area of faith related to character education (both moral and performance), ubudiyahnya is getting better and increasing religious knowledge. While in the field of general knowledge, these two institutions can prove to the public that the school is full of achievements. That is the impression captured by the community so that they are interested in sending their sons/daughters to school in this institution.

Downloads

2020-04-08

Published

2020-04-08

How to Cite

“REORIENTASI MASYARAKAT BONDOWOSO DALAM MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Bondowoso Community Reorientation In Choosing Islamic Educational Institutions”. 2020. Fenomena 19 (1): 25-35. https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.30.

Similar Articles

11-20 of 86

You may also start an advanced similarity search for this article.