Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Jember
Implementation of the 2013 Curriculum Development in Islamic Religious Education and Character Learning at SMA Negeri 4 Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v14i1.572This study aims to examine the implementation of the 2013 Curriculum development in Islamic Religious Education and Character learning at SMAN 4 Jember, which includes: (1) Planning of Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum at SMA Negeri 4 Jember, (2) Implementation of Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum at SMA Negeri 4 Jember, and (3) Evaluation of Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum at SMA Negeri 4 Jember. This research uses a qualitative approach. The conclusions of this study are: first, the implementation of planning for Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum includes annual programs, semester programs, weekly and daily programs, as well as remedial and enrichment programs. Second, the implementation of Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum involves fostering closeness and pre-tests, competency formation, and post-tests. Third, the evaluation of Islamic Religious Education and Character learning under the 2013 Curriculum includes assessments of attitude competencies, knowledge competencies, and skill competencies. However, overall, the development of the 2013 Curriculum in Islamic Religious Education and Character learning at SMAN 4 Jember is considered maximal in terms of planning and implementation, but the assessment system still needs improvement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember yang meliputi: Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Jember. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Jember. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama, implementasi perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013 meliputi program tahunan, program semester, program mingguan dan harian, program remedial dan pengayaan. Kedua, implementasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 meliputi pembinaan keakraban dan pre test, pembentukan kompetensi, dan post test. Ketiga, implementasi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 meliputi penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Namun secara umum pengembangan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember dipandang dari sistem perencanaan, pelaksanaan sudah maksimal namun pada sistem penilaian masih kurang maksimal.
Downloads
References
Ahmad, Zulaichah. 2008. Perencanaan Pembelajaran PAI. Jember: Madania Center Press.
AK, Baihaqi. 2000. Mendidik Anak dalam Kandungan Menurut Ajaran Paedagogis Islam. Jakarta: Darul Ulum Press.
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim). Bandung: Rosdakarya.
Arifin, M. 2007. Filosofiat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Atwi, M. Suparman, dkk. 2001. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Pusat Antar Universitas.
Best, John W. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Daradjat, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Endah Loelock Poerwati, Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Gordon, Scott. 1991. The History and Philosophy of Social Science. New York: Routledge.
Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indratno, A. Ferry T. 2013. Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Dokumen Kurikulum 2013.
Kurinasih, Imas, Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abudin. 2009. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner: Normatif, Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasir, Sahilun A. 2002. Peran Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem Remaja. Jakarta: Kalam Mulia.
Nurgiantoro, Burhan. 1998. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE IKI.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013. Standar Penilaian Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media.
Sisdiknas. 2009. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2015 Hj. Titek Rohanah Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.