TRANSFORMATION TOWARD THE PROFESSIONAL ISLAMIC SCHOOLING: THE MANAGERIAL DIMENSION OF THE HEADMASTER OF NU INSAN CENDEKIA ELEMENTARY SCHOOL KEDIRI EAST JAVA

Transformation Toward The Professional Islamic Schooling: Dimensi Manajerial Kepala SD NU Insan Cendekia Kediri

Authors

  • Muhammad Nabil Khasbulloh IAIN Kediri
  • Muhamad Yasin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v21i1.113

Keywords:

Manajerial, Profesional, Pendidikan Islam, Manager, Islamic Schooling

Abstract

Transformasi menuju lembaga pendidikan Islam yang professional merupakan kunci untuk meraih predikat lembaga pendidikan yang unggul dan kompetitif. SD NU Insan Cendekia Kediri melalui pola manajerial kepala sekolahnya telah terbukti mampu mengembangkan lembaga yang profesional serta mampu menumbuhkan rasa public trust pada masyarakat sekitar sehingga nilai kontribusinya semakin dirasakan oleh masyarakat. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Usaha yang dilakukan Kepala SD NU dalam menerapkan manajemen mutu lembaga; Usaha yang dilakukan Kepala SD NU sebagai inovator di lembaga; serta Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan pendekatan fenomenologis-naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah kemampuan manajerial kepala sekolah dalam proses transformasi lembaga pendidikan Islam di bawah naungan NU ke arah pengembangan lembaga yang profesional mampu menumbuhkan rasa public trust pada masyarakat sekitar. Untuk mewujudkan lembaga pendidikan Islam profesional kepala sekolah menerapkan manajemen mutu dengan cara mengelola lembaga pendidikan secara transparans dan amanah, melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan sesuai visi lembaga agar terwujud sekolah yang berkualitas unggul. Kepala sekolah melakukan inovasi dengan mengadakan program unggulan serta menerapkan kurikulum yang Islami agar dapat menjadi sekolah rujukan bagi sekolah lainnya serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan instansi-instansi lainnya guna mendukung inovasi yang dilakukan. Namun dalam mewujudkan lembaga pendidikan Islam profesional tidak bisa lepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya adalah guru memiliki dedikasi yang tinggi; antara orang tua wali siswa, guru dan tenaga kependidikan memiliki semangat kebersamaan dan tanggung jawab yang sangat tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggaran yang masih terbatas atau belum memadai untuk mewujudkan sarana dan prasarana yang representatif sebagai fasilitas kegiatan belajar mengajar.

Transformation towards professional Islamic educational institutions is the key to achieving the predicate of an excellent and competitive educational institution. SD NU Insan Cendekia Kediri, through the principal's organizational pattern, has been proven to develop professional institutions and grow a sense of public trust in the surrounding community so that the community increasingly feels the value of their contributions. So, this study aims to find out: The efforts made by the Head of SD NU in implementing institutional quality management, the Efforts made by the Head of SD NU as an innovator in the institution, and the supporting and inhibiting factors. This research uses the qualitative descriptive method and phenomenological-naturalistic approach. Data collection was done by interview, observation, and documentation methods. Data were analyzed by reducing, displaying, drawing conclusions, and verifying data. The result of this study is the managerial ability of school principals in transforming Islamic educational institutions under the auspices of NU into the development of professional institutions capable of fostering a sense of public trust in the surrounding community. To realize a professional Islamic educational institution, principals implement quality management by managing institutions transparent and trustworthy, planning, implementing, and evaluating education according to the institution's vision to realize excellent quality schools. The principal innovates by holding special programs, implementing an Islamic curriculum to become a reference school for other schools, and collaborating with various parties and other agencies to support the innovations. However, in realizing a professional Islamic educational institution cannot be separated from the supporting and inhibiting factors, the supportive factors are teachers who have high dedication; between parents and guardians of students, teachers and education staff have a very high spirit of togetherness and responsibility in improving the quality of education. Meanwhile, the inhibiting factor is the budget that is still limited or not sufficient to realize representative facilities and infrastructure as facilities for teaching and learning activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Mukhammad. Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Kediri: STAIN Kediri Press, 2009.

Arifin, Imron. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Disertasi (IKIP Malang, 1998).

Arifin, Zainal. Pengembangan Manajemen Mutu kurikulum Pendidikan Islam. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Baharun, Hasan “Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lem-baga Pendidikan Islam” Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, Vol. 5 No. 2, (Juli 2016).

Barnett, K. & McCormick, “Vision, Relationships, And Teacher Motivation: A Case Study.” Journal of Educational Administration. Vol. 41, Iss. L, (2003).

Bogdan, Robert C. & Sari knopp Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.

Daft, R. L. Leadership Theory and Practice. Forthworth: The Dryden Press, 1999.

Danim, Sudarwan. Menjadi Komunitas Pembelajar Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2009.

Hasibuan, Mukhyaruddin. “Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Plus Darul Ilmi Murni Me-dan,” Thesis. (Medan: PPS UIN Sumatera Utara, 2016).

Ismanto, Bambang dan Ngatini. “Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kota Semarang” Jurnal Manajemen Pendidikan, ISSN 2443-0544 Volume: 2, No.2, (Juli - Desember 2015).

Ismuha, dkk., “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pa-da SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar” Jurnal Admin-istrasi Pendidikan. ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 4, No. 1, (Februari 2016).

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada, 2007.

Kurniawan, Agung. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan, 2005.

Lincoln and Guba. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications 1985

Marno dan Supriyatno. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama, 2008.

Miles and Huberman. Qualitative Data Analysis. California: Sage Publication Inc., 1984.

Moloeng, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2004.

Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Malang: Erlangga, 2007.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Riyor, Bagus. “Kepemimpinan Transformasional Kebangkitan Kembali Studi Tentang Kepem-impinan” Buletin Psilcobgi. Tahun VII, No. 1, (1999).

Siagian, Sondang P. Administrasi Pembangunan. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian R and D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sunhaji, Manajemen Madrasah: Telaah Atas Realitas Manajemen Pendidikan di Madrasah. Yogyakar-ta: Grafindo Litera Media, 2006.

Suprayogo, Imam. Menjadikan Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Pilihan Masyarakat. http://www.imamsuprayogo.com. (accessed Januari 20, 2020).

Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Uno, H. B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Wahjosumijo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Downloads

Published

2022-05-14

How to Cite

Khasbulloh, Muhammad Nabil, and Muhamad Yasin. 2022. “TRANSFORMATION TOWARD THE PROFESSIONAL ISLAMIC SCHOOLING: THE MANAGERIAL DIMENSION OF THE HEADMASTER OF NU INSAN CENDEKIA ELEMENTARY SCHOOL KEDIRI EAST JAVA: Transformation Toward The Professional Islamic Schooling: Dimensi Manajerial Kepala SD NU Insan Cendekia Kediri”. Fenomena 21 (1):149-62. https://doi.org/10.35719/fenomena.v21i1.113.