Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural (Studi pada Pondok Pesantren Al-Qodiri dan Al-Ghazali Jember)
Development of Multicultural-Based Islamic Education (A Study at Al-Qodiri and Al-Ghazali Islamic Boarding Schools in Jember)
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v13i2.567Amidst societal awareness of plurality, the development of multicultural education continues to expand to various places, including several Islamic boarding schools in the Jember region, particularly Al-Qodiri and Al-Ghazali Islamic boarding schools. Over the past five years, these two boarding schools have developed multicultural education, which emphasizes the importance of respecting plurality and acknowledging pedagogical equality for all individuals who have the same right to receive educational services, regardless of their ethnicity, social status, religion, or gender. This research is based on the general question: What is the strategy for developing multicultural-based Islamic education at Al-Qodiri and Al-Ghazali Islamic boarding schools in Jember? To address this general question, the research aims to answer three specific questions: (1) How is the implementation of multicultural-based Islamic education development at these two institutions? (2) What steps have the leaders of these institutions taken to develop multicultural-based Islamic education? (3) What are the opportunities and obstacles in developing multicultural-based Islamic education at these two institutions?
Dalam kesadaran masyarakat akan pluralitas, pengembangan pendidikan multikultural terus merambah ke berbagai tempat, termasuk beberapa pondok pesantren di wilayah Jember, khususnya Pondok Pesantren Al-Qodiri dan Al-Ghazali Jember. Selama lima tahun terakhir, kedua pondok pesantren tersebut telah mengembangkan pendidikan multikultural, yaitu pendidikan yang menekankan pentingnya penghormatan terhadap pluralitas dan pengakuan kesetaraan pedagogis terhadap semua orang yang memiliki hak yang sama untuk memperoleh layanan pendidikan, apa pun etnis, status sosial, agama, dan jenis kelaminnya. Penelitian ini didasarkan pada pertanyaan umum: Bagaimana strategi pengembangan pendidikan Islam berbasis multikultural di Pondok Pesantren Al-Qodiri dan Al-Ghazali Jember? Untuk memahami pertanyaan umum tersebut, penelitian ini berusaha menjawab tiga pertanyaan spesifik: (1) Bagaimana implementasi pengembangan pendidikan Islam berbasis multikultural di kedua lembaga tersebut? (2) Bagaimana langkah-langkah pimpinan kedua lembaga dalam mengembangkan pendidikan Islam berbasis multikultural? (3) Apa saja peluang dan hambatan dalam pengembangan pendidikan Islam berbasis multikultural di kedua lembaga tersebut?
Downloads
References
Abdullah, M. Amin. Pendidikan Agama Di Era Multikultural & Multi Religius. Jakarta: PSAP, 2005.
Al-Abrasyi, Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Terjemah Prof. H. Bustani A. Goni dan Djohar Bahri. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Atras, Syed Mohammad Naqieb. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia, 1980.
Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Inklusif-Multikultural. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. I, Nomor I, Juni 2012.
Arifin, Murayyin. Elisafa Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Asrof, Ali. Horizon Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, Cet III, 2002.
Azizy, Qodhi. Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: PT Aneka Ilmu, 2002.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.
Bank, James A. Multocultral Education: Issues and Perspectives. Boston-London: Allyn and Bacon Press, 1989.
Barnadib, Imam. Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Jaya, 1996.
Cardinas, Jose A. Multicultural Education: A Generation of Advocacy. America: Simon & Schuster Custom Publishing, 1975.
Chotip, Ahmad. Paradigma Pendidikan Multikultural. Surabaya: Rima Pustaka, 2002.
Dawam, Amurrafiq. Emoh Sekolah. Yogyakarta: Inspeal Ahinsa Karya Press, 2003.
Faqih, Abdul. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Yayasan Obor, 2002.
Faqih, Mansour. Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Freire, Paulo. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Terj. Alois A. Nugroho. Jakarta: Gramedia, 1984.
Gollnick, Donna M., dan Philip C. Chinn. Multicultural Education in a Pluralistic Society. New Jersey: Prentice Hill, 1998.
Hasbullah. Pendidikan Islam Dalam Tuntutan Pengembangan. Jogjakarta: Aditya Press, 2004.
Ismail, Faisal. Paradigma Pendidikan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Jogjakarta: Tiara Ilahi Press, 2011.
Khumaidah. Multikulturalisme. Yogyakarta: KANISIUS, 2008.
Machasin. Islam Dinamis Islam Harmonis (Lokalitas Pluralisme Terorisme). Yogyakarta: LKiS, 2012.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Maimun, Ach. "Strategi Manajemen Dalam Pengembangan Pendidikan Berbasis Demokratisasi". Jurnal Manajemen Edisi IX, Sep 2012.
Maksum, Ali, dkk (ed.). Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, HAM, Civil Society dan Multikulturalisme. Malang: PuSAPoM, 2007.
Masgnud. Pendidikan Multikultural: Pemikiran dan Upaya Implementasinya. Yogyakarta: Idea Press, 2010.
Mastuhu. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safira Insania Press dan UII, 2003.
Miles, Mattew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Penerjemah Tjejep Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia, 1992.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
Mudhar, Atho’. "Menimbang Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural". Jurnal Edukatif, Juni 2008.
Mudrofin. Epistemologi Pendidikan Multikultural. Jakarta: UII Press, 2009.
Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Naim, Ngainun, dan Achmad Sauqi. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Nata, Abudin. Pengembangan Pendidikan Islam, antara Idealita dan Realita. Jogjakarta: Indira Press, 2007.
Noong, Muhajir. Pendidikan Kualitatif. Jogjakarta: Rake Sarasien, 1996.
Nur, Ahmad (ed.). Pluralitas Agama Kerukunan Dalam Keragaman. Jakarta: PT. Gramedia, 2011.
Parekh, Bikhu. Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Cambridge: Harvard University Press, 2000.
Parsudi, Suparlan. "Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural". Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 2002.
Ridlo, Muhammad Rasyid. Tafsir Al-Manar Juz VII. Beirut: Darul Fikr.
Salabi, Ahmad. Tarikh al Tarbiyah al Islamiyah. Kairo: Al Kasbaf, 1945.
Salim, Agus. "Pendidikan Multikultural: Arab Baru Menuju Demokratisasi Dan Humanisme Pendidikan Di Indonesia". Disertasi UII, Jakarta, 2011.
Sholahuddin. "Humanisasi-Inklusifikasi Pendidikan Islam dalam Konteks Multikulturalisme". Jurnal Studi Agama Milenial, Vol.V., No. 1, Agustus 2005.
Siradj, Said Agil. Dalam pengantar buku Mutiara di Tengah Samudera: Biografi, Pemikiran dan Perjuangan KH. Ach. Muzakki Syah, karya Hefni Zain. Surabaya: I.KAF, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.
Susanto, Edi. "Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Pendidikan Agama Islam Multikultural Pluralistik (Perspektif Sosiologi Pengetahuan)". Disertasi PPS-IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2012.
Susetyo, Benny. "Membumikan Wawasan Multikultural di Indonesia". Sinar Harapan, 21 Januari 2006.
Sumartana, dkk. Pluralisme: Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Tang, Muhammad, dkk. Pendidikan Multikultural Teksah Pemikiran dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Idea Press, 2003.
Taylor, Charles. "The Politics of Recognition" dalam Amy Gutman, Multiculturalism, Examining the Politics of Recognition. Princeton: Princeton University Press, 1994.
Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2002.
Tim Kemenag RI. Panduan Integrasi Nilai Multikultur dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kirana Cakra Buana bekerja sama dengan Kementerian Agama RI, Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), TIFA Foundation dan Yayasan Rahima, 2012.
Wahib, Mohammad. Nalar Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Rihlah Group, 2008.
Yaqin, M. Ainul. Pendidikan Multikultural (Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan). Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Yulianto, dkk. Efektivitas Pendidikan Multikultural Dalam Mewujudkan Harmonisasi Umat Beragama Di Jawa Timur. Laporan Penelitian. Surabaya: Bapedda Jawa Timur, 2011.
Zada, Khamami. Membebaskan Pendidikan Islam: Dari Eksklusivisme Menuju Inklusivisme dan Pluralisme. LAKPESDAM NU dan TAF, 2001.
Zubaedi. "Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan". Hermeneutik, Vol. 3, No. 1, Juni 2004.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2014 Hefni Zain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.