Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di Madrasah
Management of Teacher Professionalism Development in Improving Pedagogic Competence in Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v14i1.573The development of human resource quality, especially teachers, is a necessity for Islamic educational institutions, as teachers in schools are one of the key components and the main factor in the success of the teaching and learning process. School quality, particularly the quality of students, is often associated with the quality of its teachers, given that teachers are directly involved and interact with students in the classroom. Pedagogic competence refers to the ability to manage student learning, which includes understanding students, designing and implementing learning, evaluating learning outcomes, and developing students to actualize their potential.
Pengembangan mutu sumber daya manusia, khususnya guru, merupakan keharusan bagi lembaga pendidikan Islam, karena guru di institusi sekolah adalah salah satu komponen penting dan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Mutu sekolah, khususnya mutu anak didik, sering dikaitkan dengan mutu guru-gurunya, mengingat guru adalah orang yang langsung terlibat dan berhadapan dengan anak didik di kelas. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Downloads
References
Ary, Donal. 2002. An Invitation to Research in Social Education. Beverly Hills: Sage Publication.
Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Professionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Biklen, Bogdan. 1998. Qualitative Research for Education; An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru dari Prajabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama. 2001. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Depdikbud RI. 1994. Pedoman Pembinaan Profesional Pendidik Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djulaiyah, Ahmad. 2008. Manajemen Pembelajaran. Jember: Media Center Press.
Fadjar, Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faturrahman. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Hamzah. 2009. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, Bafadal. 2003. Peningkatan Professionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Illicch, Ivan. 2008. Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah. Jakarta: Yayasan Obor.
Islamudin, Haryu. 2011. Psikologi Pendidikan. Jember: STAIN Press.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Kusnandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Moleong, Lexy J. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchlas. 2013. Membenahi Calon Guru. Jawa Pos, 7 September 2013.
Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.
Mulyadi. 2012. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Mutu. Malang: Litbang Kemenag RI.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1988. Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Ondi Saondi, Aris Suberman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.
Oong. 2005. Filsafat Pendidikan Non Formal. Yogyakarta: Pustaka Setia.
Peraturan Pemerintah. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Raharjo. 2009. Biografi Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Soebahar, Halim. 2012. Kebijakan Pendidikan Islam: Dari Ordonansi Guru sampai UU Sisdiknas. Jember: Pena Salsabila.
Surya, Muhammad. 2010. Organisasi Profesi, Kode Etik, dan Kehormatan Guru. Tanpa kota dan penerbit.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Bandung: Penerbit Citra Umbara.
Wahyono. 2008. Kompetensi Profesi Guru. Jakarta: PT Grasindo.
Yamin, Martinis. 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus: Desain dan Metode. Diterjemahkan oleh Djauzi Muzakir. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2015 Hindanah Hindanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.