Pengaruh Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
The Influence of Task Assignment Methods, Learning Motivation, and Learning Activities on Student Learning Outcomes at Madrasah Aliyah in Al-Qodiri Islamic Boarding School, Jember, Academic Year 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v14i1.575This study aims to examine the influence of the application of task assignment methods, learning motivation, and student learning activities, both individually and simultaneously, on the learning outcomes of students at Madrasah Aliyah in Al-Qodiri Islamic Boarding School, Jember, during the 2013/2014 academic year. This quantitative research involved 80 respondents, with sampling conducted using proportional random sampling. Data collection instruments included a questionnaire with five answer alternatives (Likert scale) and documentation. The collected data were analyzed using statistical methods: (1) correlation test, (2) regression, followed by (3) path analysis. The results showed that (1) the task assignment method had a positive and significant influence on student learning outcomes, with an effect of 16.73%. (2) Learning motivation had a positive and significant influence on learning outcomes, with an effect of 2.07%. (3) Learning activities had a positive and significant influence on learning outcomes, with an effect of 9.24%. (4) Simultaneously, the task assignment method, learning motivation, and learning activities significantly influenced student learning success, with an effect of 91.89%, while the remaining 8.11% was influenced by other factors not explained in this study.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode pemberian tugas, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik baik secara individu maupun secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan responden berjumlah 80 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan lima alternatif jawaban (skala Likert) dan dokumenter. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik (1) uji korelasi, (2) regresi, dilanjutkan (3) path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik, dengan pengaruh sebesar 16,73%. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan pengaruh sebesar 2,07%. (3) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan pengaruh sebesar 9,24%. (4) Secara simultan metode pemberian tugas, motivasi belajar, dan aktivitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan belajar peserta didik, dengan pengaruh sebesar 91,89% dan sisanya sebesar 8,11% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Efriadi. 2011. Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Serasan Kabupaten Natuna. Pontianak: FKIP Untan.
Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: McGraw Hill.
Harmawati. 1993. Pengaruh Pemberian Tugas Secara Terstruktur Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal.
Lina, H. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Metode Resitasi Melalui Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (Student Work Sheet) Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu. (Online). (http://contohskripsi-ptk-tesismakalah.blogspot.com/2013/01/ptk-sma71-peningkatan-prestasibelajar.html, diakses tanggal 1 Februari 2013).
Mufarokah, A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nugraheni. 2013. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FE Universitas Muria Kudus. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Kudus: UNK.
Riduwan & Kuncoro, E.E. 2012. Cara Menggunakan dan Memahami Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Sahlan, M. 2005. Kompetensi Guru Dalam Mendesain Program Pembelajaran di STAIN Jember. Jember: Laporan Penelitian tidak dipublikasikan.
Sahlan, M. 2007. Penilaian Berbasis Kelas: Teori dan Aplikasinya dalam KTSP. Jember: CSS.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo.
Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Shaleh, A.R., et.al. 2005. Panduan Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah.
Singarimbun, M. & Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman, dkk. 2000. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Sudjana, N. 1988. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Peserta Didik Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Cet II. Bandung: Sinar Baru.
Sularso, Y. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran IPS bagi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan. IKIP Veteran Semarang, hlm. 103-113.
Sukandi, Ujang, dkk. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Suparman, A. 2001. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI, Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.
Suparman, et.all. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kontekstual Berorientasi Penemuan Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS pada Materi Bilangan Bulat di SD. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Semarang: UT.
Sutomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Cet I. Surabaya: Usaha Nasional.
Zaini, H. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2015 Moh. Sahlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.