PROBLEMS AND EFFORTS TO INCREASE THE MEMORY OF THE QUR'AN OF STUDENTS AT THE BINAUL UMMAH BAWURAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL BAWURAN PLERET BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v21i2.100Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt yang paling agung dan bacaan mulia yang diturunkan kepada utusan-Nya yang bernama Rasulullah Muhammad Saw melalui perantara Malaikat Jibril, diturunkan secara mutawatir, diawali Surat al-Fatihah dan diakhiri dengan Surat an-Naas, membacanya bernilai ibadah. Allah Swt menjamin kemurnian dan keaslian kitab suci-Nya al-Qur’an dan akan selalu terjaga dari pemalsuan sampai hari kiamat melalui para penghafal al-Qur’an. menghafal al-Qur’an bukan sesuatu yang mustahil dan itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun dalam prosesnya tidak semudah apa yang dipikirkan dan juga banyak problematikanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian tentang data yang telah dikumpulkan dan dijabarkan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam bentuk kalimat yang diperoleh dari wawancara langsung antara peneliti dan informan dengan melalui beberapa tahap yaitu data collection period, data reduction, data display, and conclusion drawing atau verivication. Penelitian ini juga penelitian studi kasus, yaitu penelitian yang mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisir terhdapa objek yang ditelit dan menggambil setting di Pondok Pesatren Binaul Ummah Bawuran Pleret dengan fokus objek terhadap problematiak yang dihadapi santri ketika menghafal al-Qur’an dan juga upaya yang ditempuh untuk mengatasi problematiakanya tersebut. Adapun hasil dari penelitian Ini yaitu: pertama. Problematika yang dihadapi santri meliputi:. Sulit mengatur waktu, hafalan sering lupa, pengaruh teman, stress ketika ayat yang dihafal tidak terhafal, kedua. upaya dari pihak santri untuk mengatasi problematiaknay yaitu: memotivasi diri, kontrol diri, memuroja’ah hafalan, ketiga upaya dari pihak pondok meliputi: melakukn kontrol terhadap seluruh kegiatan santri, mendampingi santri dalam kegiatan.
The Qur'an is the most important word of Allah, and the noble reading that was revealed to His messenger named Rasulullah Muhammad SAW through the intermediary of the Angel Gabriel, sent down mutawatir, starting with Surah al-Fatihah and ending with Surat An-Naas, reading it is valuable. Worship. Allah SWT guarantees the purity and authenticity of His holy book, the Qur'an, and will always be protected from forgery until the Day of Judgment through the memorizers of the Qur'an. Memorizing the Qur'an is not impossible, and anyone can do it. However, the process is not as easy as one might think, and there are many problems. This research is qualitative research that uses descriptive methods, namely analysis of data that has been collected and described in the form of words and pictures; the terms are arranged in the form of sentences obtained from direct interviews between researchers and informants through several stages, namely the data collection period, data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. This research is also research at the Binaul Ummah Bawuran Pleret Islamic Boarding School with an object focus on the problems faced by students when memorizing the Qur'an and also the efforts taken to overcome these problems. The results of this research are: first. The issues students face include: Difficulty managing time, often forgetting to memorize, the influence of friends, stress when the memorized verse is not learned, and secondly. The efforts of the students to overcome the problems are self-motivating, self-control, and repeating memorization; the three steps of the boarding school include: controlling all santri activities and assisting students in activities.
Downloads
References
Alawiyah, Wiwi. Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat: Step By Step dan Berdaarkan Pengalaman. Yogyakarta: Diva Press, 2015.
Aliyah, Septa Nikmatul. Kontrol Diri Santri Putri Jenjang Pendidikan SMP di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Universitas Negeri Semarang, 2015.
Al-Qaththan, Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, (penerjemah). Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.
Arlotas, Rena Kinnara dan Mustika, Robi, “ Lupa Dalam Perspektif Psikologi Belajar dan Islam”, PSYCHE: Jurnal Psikologi (Tt).
Chairani, Lisya dan Subandini, A. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an: Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Irwanto. Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia, 1996.
Khalil Jum’ah, Ahmad. Al-Qur’an Dalam Pandangan Sahabat Nabi. Yogyakarta: Gema Insani, 1999.
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FITK Uin Suna Kalijaga, 2021.
Miles, Matthew B. dan Huberman, Michael. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hills: SAGE Publication Inc, 1994.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1994.
Stemberg, Robert J. Psikologi Kognitif, (penerjemah). Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Sugianto, Ilham Agus. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Mujahid Press, 2004.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Wiyarti, Herwit Arsita, dan Setyawan, Imam, “ Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokratinasi Menghafal al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta”, Jurnal Empati 06, No. 4 (Oktober 2017).
Zawawie, Mukhlisohn. P-M3 Al-Qur’an Pedoman, Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tiga Serangkai, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yusqi Mahfuds
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.