Potret Portal Islam di Internet: Analisis Mesin Pencari terhadap Portal NU dan Muhammadiyah
Portrait of Islamic Portals on the Internet: Search Engine Analysis of NU and Muhammadiyah Portals
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i1.533In this study, the researcher observes two portals which are assumed to represent dominant ideology for Indonesian Muslims, namely http://www.nu.or.id and http://www.muhammadiyah.or.id. The researcher examines the portrait or description of both portals in the eyes of global search engines such as Google, Yahoo, Master, Bing, and others. By using descriptive qualitative research, this Search Engine Analysis of NU and Muhammadiyah Portal Portraits reveals that both portals are placed in a decent position, namely the first rank, as categorized for them. This indicates that both portals are accepted and favored by hundreds of millions of internet users, as shown by the high number of visitors accessing both portals.
Dalam penelitian ini, peneliti mengamati dua portal yang diasumsikan mewakili ideologi dominan bagi Muslim Indonesia, yaitu http://www.nu.or.id dan http://www.muhammadiyah.or.id. Peneliti menemukan bagaimana potret atau deskripsi kedua portal tersebut dalam pandangan mesin pencari dunia seperti Google, Yahoo, Master, Bing, dan lainnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, Analisis Mesin Pencari terhadap Potret Portal NU dan Muhammadiyah ini menghasilkan temuan bahwa kedua portal menempati posisi yang layak, yaitu peringkat pertama, sesuai dengan kategori yang ditetapkan bagi mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kedua portal diterima dan disukai oleh ratusan juta pengguna internet, yang ditunjukkan oleh tingginya jumlah pengakses kedua portal tersebut.
Downloads
References
Ardhiyati, Ayumia. Topik yang Dibicarakan dalam Penggunaan Voice Chatting oleh Chatter di Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kotamadya Surabaya. Tesis, library@unair.ac.id, 2005.
Ardhana, Suttiman Eka. Jurnalistik Dakwah. Pustaka Pelajar, 1995.
Aryani, Kandi. "Analisis Penerimaan Remaja terhadap Wacana Pornografi dalam Situs-Situs Seks di Media Online." Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik, vol. XIX, no. 2, April 2006, ISSN 0216-2407. Surabaya: FISIP Unair.
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. Prenada Media Grup, Jakarta, 2007.
Departemen Agama RI. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Proyek Pengadaan Sarana dan Prasarana Beragama, 2005.
Djunaidi, Mahbub. Diskusi Panel (Salemba III), dikutip dalam Suf Kasman. Jurnalisme Universal. Teraju, Jakarta, 2004.
Hamidi. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. UMM Press, 2007.
Haryatmoko. Etika Komunikasi. Kanisius, Yogyakarta, 2007.
Jensen, Klaus Bruhn. A Handbook of Media and Communication Research: Qualitative and Quantitative Methodologies. Routledge, London, 2002.
Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju, Bandung, 1996.
Littlejohn, Stephen W. Theories of Human Communication. Wadsworth Publishing Company, London, 1999.
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. UI Press, Jakarta, 1992.
Moore, Nick. Can Meneliti. ITB, Bandung, 1995.
Muhtadi, Asep Saeful. Jurnalistik: Pendekatan Teori dan Praktik. Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1999.
Nugraba, Harry. *Hukum Terhadap Penodaan Agama Islam melalui Media Cetak dan Internet Dibandingkan dengan Pasal 150a KUH-Pidana*. Tesis, Perpustakaan UNIKOM, 2009.
Qomariyah. Dakwah Islam Melalui Media Internet. Tesis, Jurusan Dakwah Waitsongo, 2007.
Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi, ed. 9. Rosdakarya, Bandung, 2001.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian PR & Komunikasi. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta, 2008.
Suhandang, Kustadi. Manajemen Pers Dakwah. Marja, Bandung, 2007.
Surya, Yuyun WI. Pola Konsumsi Internet Remaja di Surabaya dan Penerimaan Mereka terhadap Internet. Unair Library, 2003.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2013 Siti Raudhatul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.