Pendidikan Akhlak Aplikatif Integratif di Sekolah
Applicative Integrative Moral Education in Schools
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v14i1.579The emergence of counter-productive elements in the world of education has led to symptoms among youths, even adults, showing that they ignore the moral values and manners needed in a civilized society. Concerns about moral decadence are like a double-edged knife. If you look for the root of the problem in others, it essentially lies within yourself; thus, blaming others means blaming yourself. Therefore, it is necessary to find solutions and moral education through appropriate actions. This research on the "Applicative-Integrative Model of Moral Education in SMP 2 Jember" is conducted based on these concerns.
Munculnya hal-hal yang kontraproduktif dalam dunia pendidikan telah menyebabkan munculnya gejala-gejala di kalangan pemuda, bahkan orang dewasa, yang menunjukkan bahwa mereka mengabaikan nilai-nilai moral dan sopan santun yang diperlukan dalam masyarakat yang beradab. Kekhawatiran akan dekadensi moral ibarat pisau bermata dua. Jika Anda mencari akar masalah pada orang lain, pada dasarnya itu adalah akar masalah diri sendiri; sehingga menyalahkan orang lain berarti juga menyalahkan diri sendiri. Oleh karena itu, perlu dicari solusi dan pendidikan moral dalam tindakan yang tepat. Penelitian tentang "Model Pendidikan Akhlak Aplikatif-Integratif di SMP 2 Jember" ini dilakukan berdasarkan keprihatinan tersebut.
Downloads
References
Agib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Pendidik dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.
Akhmad Muhaimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Al Ghazali, Imam. 1990. Ihya’ Ulumiddin. Semarang: CV Asy Syifa.
Arifin, Miftah. 2007. Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jember: Center For Society Studies.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Ma’mur Jamal. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Asrohah, Hanun. 2012. “Pendidikan Akhlak: Problem dan Perspektif.” Nizamia, Vol. 5, No. 2 (Agustus).
Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Berkowitz, Marvin W., dan Bier, Melinda C. 2007. What Works in Character Education: A Report for Policy Makers and Opinion Leaders. Washington: Character Education Partnership.
Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. 2005. *Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Pendidik dan Dosen*. Jakarta: Depdiknas RI.
Haikal, Husain. 2012. Wanita Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iswanto, Agus. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta.
Khoe Yau Tung. 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur.
Komar, Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: CV Pustaka Setia.
Langgulung, Hasan. 2010. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan. Bandung: Al-Maarif.
Machali, Imam. 2011. Pendidikan Karakter: Pengalaman Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: UIN SUKA Press.
Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. 1977. Karya Ki Hajar Dewantara Bagian I Pendidikan. Yogyakarta: MLTM.
Masduqi. 1991. Leadership, Teori Kepemimpinan sebuah Tatapan Perkembangan Zaman. Pasuruan: GBI.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Megawangi, Ratna. 2008. Pendidikan Holistik. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Miskawaih, Ibn. 1934. Tahzib al-Akhlak. Beirut: Dar al-Kutub al-Arabi.
Muhadjir, Noeng. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Pendidik. Malang: UIN Press.
Nata, Abuddin. 2006. Akhlak Tasawuf. Jakarta: RG Persada.
Syafii, Sagala. 2007. Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: AlfaBeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tilaar, H.A.R. 1999. Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Magelang: Tera Indonesia.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2015 Ahmad Royani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.