Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi
Utilization of Information and Communication Technology in Learning at Bustanul Makmur Junior High School Genteng Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v9i1.462This case study aims at exploring the use of information and communication technology (ICT) in teaching and learning process at Bustanul Makmur Junior High School Genteng Banyuwangi. Specifically, the research focuses on (1) the profile of Bustanul Makmur Junior High School, (2) the realization of the use of ICT in teaching and learning process at Bustanul Makmur Junior High School, (3) background or the motivation behind the use of ICT in teaching and learning process, (4) teachers’ and students’ responses toward the use of ICT in teaching and learning process, and (5) supporting factors and obstacles to the use of ICT in teaching and learning process.
Studi kasus ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada (1) profil SMP Bustanul Makmur, (2) realisasi penggunaan TIK dalam proses pembelajaran di SMP Bustanul Makmur, (3) latar belakang atau motivasi di balik penggunaan TIK dalam proses pembelajaran, (4) tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan TIK dalam proses pembelajaran, dan (5) faktor pendukung dan penghambat penggunaan TIK dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Anas, M., Mursidin, T., & Firdaus. (2008). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Provinsi Sulawesi Tenggara (Studi tentang Persepsi terhadap TIK bagi Guru SMPN se Kota Kendari dan se Kabupaten Kolaka). Simposium 2008.
Anggelina, M.M. (2010). Studi Penggunaan Microsoft Excel dan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Administrasi Akademik di SMA Negeri 2 Malang. Malang: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.
Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Boyle, T. (1997). Design for Multimedia Learning. Hertfordshire: Prentice Hall.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Danim, S. (2002). Mengali Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
DePorter, B., Reardon, M., & Singer, S.N. (2000). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Fatchan, H.A. (2009). Metode Penelitian Kualitatif: Beserta Contoh Proposal Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Jenggala Pustaka Utama.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). New York: United States of America.
Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Hede, A. (2002). An Integrated Model of Multimedia Effects on Learning. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 11(2), 177–191.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J.D., & Smaldino, S.E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Ohio: Merrill Prentice Hall.
Jonassen, D.H., Peck, K.L., & Wilson, B.G. (1999). Learning With Technology: A Constructivist Perspective. Ohio: Merrill Prentice Hall.
Killen, R. (1998). Effective Teaching Strategies: Lesson from Research and Practice (2nd ed.). Australia: Social Science Press.
Lincoln, Y.S., & Guba, E.G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage Publication Inc.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Moleong, J.L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pustekkom. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information Communication Technology). Jakarta: Pustekkom.
Rieber, L. (1994). Computers, Graphics, & Learning. Iowa: Brown & Benchmark Publishers.
Siahaan, S., & Martiningsih, Rr. (2008). Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Al Muslim Sidoarjo. Sidoarjo: SMP Al Muslim.
Siahaan, S. (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Pengertian, Potensi, dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran. Makalah disajikan pada Pelatihan Pemanfaatan Program Media Pembelajaran melalui Audiovisual untuk Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP, SMA/SMK se-Sumatera Selatan di Palembang. Palembang: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.
Siahaan, S. (2009). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
Suparian, P. (2003). Paradigma Naturalistik dalam Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan Penggunaannya. Jurnal Educatio Indonesiae, 11(1), 1–26.
Surya, M. (2006). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran. Makalah dalam Seminar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas, 12 Desember 2006, Jakarta.
Yin, R.K. (1989). Case Study Research: Design and Method (Rev. ed.). Newbury Park, CA: Sage.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2010 Mundir Mundir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.