Peranan Kyai dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sertifikasi di Pondok Pesantren Muadalah Bairul Aroom Balung Jember
The Role of Kyai in Improving the Performance of Certified Teachers at Muadalah Bairul Aroom Islamic Boarding School, Balung Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v13i2.562This article discusses the role of kyai in improving the performance of certified teachers at Muadalah Bairul Aroom Islamic Boarding School, Balung Jember. As the leader of the boarding school, the kyai plays a vital role as a motivator and evaluator for certified teachers. Motivation is provided through the arrangement of a conducive physical environment, harmonious work atmosphere, and the instillation of discipline. Meanwhile, evaluations are conducted continuously and comprehensively to ensure teachers' success in achieving learning objectives. Additionally, this article examines the challenges faced by kyai in maintaining the values of the boarding school amid government policies such as certification and professional allowances. In conclusion, the role of the kyai is crucial in enhancing the productivity and discipline of certified teachers.
Artikel ini membahas peran kyai dalam meningkatkan kinerja guru sertifikasi di Pondok Pesantren Muadalah Bairul Aroom Balung Jember. Kyai sebagai pemimpin pesantren memiliki peran penting sebagai motivator dan evaluator bagi guru-guru sertifikasi. Motivasi diberikan melalui pengaturan lingkungan fisik, suasana kerja yang harmonis, dan penanaman disiplin. Sementara itu, evaluasi dilakukan secara terus-menerus dan menyeluruh untuk memastikan keberhasilan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, artikel ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi kyai dalam mempertahankan nilai-nilai pesantren di tengah kebijakan pemerintah seperti sertifikasi dan tunjangan profesi. Kesimpulannya, peran kyai sangat krusial dalam meningkatkan produktivitas dan kedisiplinan guru sertifikasi.
Downloads
References
Aqib, Zainal. (2010). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. (2004). Naskah Akademik Sertifikasi Kompetensi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: P2TK Dirjen Dikti.
Dhoffer, Zamakhsyari. (1990). Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Djamarah, Syaiful Bahri, & Aswan, Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hallen. (2002). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.
Mulyasa. (2006). Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Mencipatakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama RI Tahun 2007.
Sanjaya, Wina. (2010). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schertian, Piet A. (2002). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Uzer. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2014 Zaenuddin Al Haj Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.