Post-Construction Challenges in Infrastructure Development: An Ecotheological Perspective on Achieving SDGs
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v23i2.598The construction of Dhoho Airport in Kediri is expected to stimulate local economic growth but also presents notable risks to achieving the 17 Sustainable Development Goals (SDGs). This study provides a critical evaluation from an Eco-Theology perspective, an approach rarely used in Indonesian infrastructure and SDG research, thereby offering fresh ethical-environmental insights. Using a qualitative descriptive method, data were gathered from literature, official documents, and interviews. The findings reveal partial SDG achievement (Goals 1, 4, 8, 11, and 17), while others remain unmet (Goals 2, 3, 5–7, 12–16). Major challenges include conversion of productive agricultural land, heightened noise and air pollution (noise levels reaching 43.72% in Grogol Village), and increased risks of landslides and flooding due to inadequate water management in hilly areas. Originality and Significance this research fills a gap by integrating eco-theological ethics into infrastructure evaluation, highlighting moral responsibilities often overlooked in policy debates on sustainability. The study bridges theology, ecology, and development studies, emphasizing that sustainable infrastructure must address not only technical and economic goals but also humanity’s ethical duty to protect and care for the environment.
Pembangunan Bandara Dhoho di Kediri diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, namun juga menimbulkan risiko signifikan terhadap pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Studi ini memberikan evaluasi kritis dari perspektif Eco-Theology, pendekatan yang jarang digunakan dalam penelitian infrastruktur dan SDGs di Indonesia, sehingga menawarkan wawasan etis-lingkungan yang baru. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari literatur, dokumen resmi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian sebagian SDGs (Tujuan 1, 4, 8, 11, dan 17), sementara yang lain belum terpenuhi (Tujuan 2, 3, 5–7, 12–16). Tantangan utama meliputi konversi lahan pertanian produktif, peningkatan polusi suara dan udara (tingkat kebisingan mencapai 43,72% di Desa Grogol), serta risiko longsor dan banjir yang meningkat akibat pengelolaan air yang tidak memadai di daerah berbukit. Keaslian dan Signifikansi penelitian ini mengisi celah dengan mengintegrasikan etika ekoteologi ke dalam evaluasi infrastruktur, menyoroti tanggung jawab moral yang sering diabaikan dalam debat kebijakan tentang keberlanjutan. Studi ini menjembatani teologi, ekologi, dan studi pembangunan, menekankan bahwa infrastruktur berkelanjutan harus tidak hanya memenuhi tujuan teknis dan ekonomi tetapi juga kewajiban etis manusia untuk melindungi dan merawat lingkungan.
Downloads
References
ANTARA News. (2024). Menteri Luhut: Bandara Dhoho Kediri Kembangkan Konektivitas Ekonomi. https://www.antaranews.com.
ANTARA News. Komitmen AP I terhadap pengurangan GRK: lampu LED, PLTS, green building, ISO lingkungan/energi. https://www.antaranews.com/berita/4132779/ap1-komitmen-kelola-bandara-dengan-prinsip-pengurangan-grk.
ANTARA News. Penanganan banjir melalui embung dan kolam retensi oleh Kementerian PU. https://www.antaranews.com/berita/4485053/menteri-pu-sebut-area-bandara-dhoho-kediri-dibangun-pengendali-banjir
BPS Kabupaten Kediri (2024). Statistik Kemiskinan Kediri.
BPS Kabupaten Kediri (2024). Statistik Pendidikan Kabupaten Kediri.
BPS Kabupaten Kediri (2024). Statistik Pertanian dan Ketahanan Pangan
Detik Jatim. (2024). Khofifah Optimistis Bandara Internasional Dhoho Beri Multiplier Effect. https://www.detik.com/jatim/berita/d-7069172/khofifah-optimistis-bandara-internasional-dhoho-beri-multiplier-effect.
DJKN Kemenkeu. (2024). Dampak Alih Fungsi Lahan dan Aspek Lingkungan Pembangunan Bandara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-denpasar/baca-artikel/17142/Bandara-Dhoho-Kediri-KPBU-Unsolicited-Pertama-di-Indonesia.html.
Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian: Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Sidoarjo: Zilfatama Publishing.
Jawa Pos. (2023). Integrasi Ornamen Tradisional di Bandara Sebagai Identitas Lokal. https://www.jawapos.com/infrastruktur/013599450/bandara-internasional-dhoho-kediri-suguhkan-ornamen-ornamen-tradisional-untuk-mempercantik-tampilan.
Jawa Pos. (2023). Fasilitas inklusif bagi penyandang disabilitas dan ruang hijau publik. https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/013350820/tugas-pemkab-kediri-membuat-kawasan-hijau-di-bandara-dhoho.
Kemendikbudristek (2023). Peta Jalan Pendidikan Vokasi dan Dunia Kerja.
Kementerian Perhubungan RI. (2024). Peresmian Bandara Dhoho Kediri. https://kemenhub.go.id
Kompas.com (2023). Kawasan Sekitar Bandara Dhoho Diproyeksikan Jadi Kawasan Pendidikan Vokasi.
Kompas.com (2024). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Bandara Dhoho Kediri.
Kompas.com (2024). Lahan Pertanian di Sekitar Bandara Dhoho Berkurang, Warga Protes.
Kompas.com (2024). UMKM Kediri Raup Untung di Sekitar Bandara, Tapi Sampahnya Meningkat.
Kompas.com. (2024). Energi dan Lingkungan: Menakar Jejak Bandara Dhoho
Kompas.id. (2023). Bandara Dhoho Jadi Penyeimbang Pembangunan Wilayah Selatan dan Utara Jatim.
Kompas.id. (2023). Bandara Dhoho: Kemitraan Swasta-Pemerintah Terbesar. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/10/08/bandara-dhoho-contoh-kemitraan-swasta-dan-negara)
Lentera Today: Krisis koordinasi operasional bandara dengan pemerintah daerah. https://lenteratoday.com/post/item/219514/DPRD-Jatim-Prihatin-Mandeknya-Bandara-Dhoho-Kediri-Karena-Minim-Kolaborasi-dan-Dukungan?utm_source=chatgpt.com "DPRD Jatim Prihatin Mandeknya Bandara Dhoho Kediri, Karena Minim Kolaborasi dan Dukungan - Lentera Today.
Lusiantini, Shania Ismaili dan Abul Fida (2021). Analisis Dampak Pembangunan Bandara Dhoho Kediri Terhadap Kondisi Lingkungan dan Sosial Masyarakat (Studi Kasus : Desa Grogol, Kec. Grogol, Kab. Kediri). Skripsi: University Technology Yogyakarta.
Merdeka.com. (2023). Permukiman warga terdampak tanpa aliran listrik pasca relokasi. https://www.merdeka.com/jatim/nasib-warga-terdampak-proyek-bandara-kediri-permukiman-baru-tak-teraliri-listrik.html?utm_source=chatgpt.com "Nasib Warga Terdampak Proyek Bandara Kediri, Permukiman Baru Tak Teraliri Listrik.
Mojok.co. (2023). Risiko dampak lingkungan seperti polusi suara dan udara serta upaya mitigasi disorot. https://mojok.co/kilas/manfaat-dan-risiko-keberadaan-bandara-dhoho-bagi-warga-kediri-yang-perlu-diketahui.
Mongabay.co.id (2023). Alih Fungsi Lahan Pertanian Akibat Infrastruktur.
PLN Kediri. (2023). Statistik Rasio Elektrifikasi Wilayah Kediri
Prihatiningsih, D. (2015). Mudahnya Belajar Statistik Deskriptif. Semarang: Saru Untung.
PSPK UGM. (2023). Evaluasi Sosial KPBU Bandara Dhoho. https://pspk.ugm.ac.id
PSPK UGM. (2023). Kajian Kebutuhan Tenaga Kerja: Dominasi Laki‑Laki dalam Posisi Formal, Perempuan Banyak di Pekerjaan Informal. https://pspk.ugm.ac.id/kegiatan-kajian-kebutuhan-tenaga-kerja-dalam-optimalisasi-keberadaan-bandara-di-kabupaten-kediri/
PPSPK UGM. (2023). Studi Potensi Ekonomi dan Infrastruktur Sekitar Bandara Dhoho. https://pspk.ugm.ac.id
PSPK UGM. (2023). Studi Potensi Sosial Ekonomi Sekitar Bandara Dhoho. https://pspk.ugm.ac.id/studi-potensi-sosial-ekonomi-bandara-dhoho.
Putra, M. R. I. E. (2024). Relasi Kuasa dalam Pembebasan Lahan Pembangunan Bandara Dhoho Kediri. Huma: Jurnal Sosiologi, 3(2), 178–190.
Purniawan, Yustinus Andi Muda. 2020. “Ecotheology Menurut Seyyed Hossein Nasr Sallie McFague”. Jurnal Teologi 9 (1): 69-84. https://doi.org/10.25026/jek.v9i1.15.
PwC Indonesia. (2023). Case Study: Dhoho Airport Kediri. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/infrastructure-news/september-2023/dhoho-airport.html
Quddus, Abdul. 2020. “Teologi Konstruktif Atasi Krisis Lingkungan”. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 16 (2): 311-346. https://doi.org/10.21145/ulum.v16i2.10
Radar Kediri (2023). Pemkab Siapkan Hotel dan Peluang Investasi Bandara Dhoho. https://radarkediri.jawapos.com/politik-pemerintahan/783538799/kerek-pertumbuhan-ekonomi-pemkab-kediri-siapkan-hotel-di-kawasan-bandara-kediri
Radar Kediri. (2024). Pemkab Siapkan Kawasan Ekonomi Baru di Sekitar Bandara. https://radarkediri.jawapos.com
Radar Kediri. (2024). Alih fungsi lahan pertanian menyebabkan degradasi sosial-ekologi & risiko banjir https://www.questionai.id/essays-e9xjpZCZhO6/mengapa-penerbangan-berdampak-negatif-pada.
Radar Kediri. (2024). Kerek Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Kediri Siapkan Hotel di Kawasan Bandara Kediri. https://radarkediri.jawapos.com/politik-pemerintahan/783538799.
Radar Kediri. (2024). Situasi legislasi Perbup KKOP sebagai tantangan regulasi lingkungan di sekitar bandara
Ramadhani, A. A. (2024). Dampak Sosial Ekonomi Bandara Dhoho di Desa Bulusari. Skripsi: IAIN Kdiri. https://etheses.iainkediri.ac.id
Restu. (2021). Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ridwanuddin, Parid. 2017. “Ekoteologi Dalam Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi”. Jurnal Lentera 1 (1): 39-61. https://doi.org/10.25514/lentera.v1i1.250.
Rukin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing
Tempo Nasional. 2023. Peran pondok pesantren sebagai bantalan sosial terhadap perubahan sosial pembangunan bandara: Bupati Kediri. https://nasional.tempo.co/read/1739297/bupati-kediri-ponpes-jadi-benteng-dampak-sosial-pembangunan-bandara
Tempo.co (2023). Kontroversi dan Harapan Masyarakat Sekitar Bandara Dhoho.
UNDP (2023). Progress Report on SDGs Implementation in Indonesia.
UNDP Indonesia. (2023). SDGs Tujuan 12: Responsible Consumption and Production
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2024 Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.