IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI BINTANA RESEARCH AND LITERACY SHELTER INDONESIA
Reward And Punishment Implementation For Improving English Vocabulary In Bintana Research And Literacy Shelter Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.62Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode reward dan punishment dalam peningkatan kosa kata bahasa Inggris serta menggali informasi mengenai kelebihan dan kekurangan metode reward dan punishment. Metode penelitian dalam kajian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapati bahwa penguasaan kosa kata bahasa Inggris peserta didik meningkat. Selain itu tingkat keyakinan dan kepuasan siswa dalam proses pembelajaran semakin baik. Praktik pemberian reward dan punishment disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Reward berupa hadiah kerajinan tangan, pujian, dan nilai. Sedangkan punishment berupa pengulangan materi dan tidak mendapatkan hadiah. Kelebihan dari metode ini adalah menumbuhkan rasa kompetitif dan memotivasi belajar secara maksimal. Sedangkan kekurangan dari metode ini berupa biaya yang harus disiapkan untuk memberikan hadiah serta terfokuskan pada siswa yang aktif saja, sebaliknya menjadi beban bagi siswa yang malas dan memiliki mental yang lemah.
The purpose of this study is to describe the application of the reward and punishment method in increasing English vocabulary and to explore the advantages and disadvantages of the reward and punishment method. The research method in this study is descriptive. Observation, interviews, and documentation carried out data collection techniques. The results of this study found that mastery of English vocabulary increased. In addition, the level of confidence and student satisfaction in the learning process is improving. The practice of giving rewards and punishments is adjusted to the needs of students. Tips are in the form of handicraft gifts, praise, and grades. At the same time, discipline is in the form of repetition of material and not getting a prize. The advantage of this method is that it fosters a sense of competitiveness and motivates maximum learning. While the drawbacks of this method are in the form of costs that must be prepared for gifts and focus on only active students, on the contrary, it becomes a burden for lazy students with a weak mentality.
Downloads
References
Anshari, Hofi. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Asmawati, Maisah, dkk, “Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Muatan PPKN Kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021”, Jurnal Inovasi Penelitian, Universitas Mataram, 2020.
Ima Melinda, Ratnawai Susanto, “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi belajar Siswa”, International Jurnal of Elementary Education, 2018.
Kusyairy, Umi, Sulkipli, meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pemberian reward and punishment Volume. 6 No. 2, September 2018
Liyana, Astien, dan Kurniawan, Mozes. “Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5- 6 Tahun”, 2019.
Nursapiah, Penelitian Kualitatif, Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing, 2020.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Sujana, Nana. Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.
Sutikno, M. S. Belajar dan Pembelajaran, Prospect. Bandung. 2009.
Syaiful Rizal, Hasan, “Hakikat Bahasa dan budaya Melalui Tinjauan Tafsir Al- Qur’an Surat Al- Baqarah: 31- 33, Ar Rahman: 1-4, dan Yusuf: 2”, 2021.
Yunus dan Hasyim Fanirin, Moch., “Penerapan Metode Reward and Punishment dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Haurkolot, Indramayu”, Jurnal Pendidikan Indonesia, Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Zaenol Abidin, Gina Romadhona, Vera Yuli Andini, Muhammad Faiz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.