PENINGKATAN PEMAHAMAN FIKIH PADA ANAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TPQ AL-HIKMAH KELURAHAN NGRONGGO KOTA KEDIRI
Increased Understanding Of Jurisprudence In Children With Demonstration Methods During The Covid-19 Pandemic At TPQ Al-Hikmah, Ngronggo Village, Kediri City
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.67Pengabdian masyarakat yang dilakukan ini bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran Fikih menggunakan metode demonstrasi sebagai alternatif pengajaran dimasa pandemi Covid-19. Pengabdian masyarakat yang dilakukan ini berdasarkan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat ini sebagai wujud dari program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik dari rumah (KKN DR) IAIN Kediri yang dilakukan secara virtual dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Bentuk kegiatan ini bermacam-macam diantaranya adalah kampanye media sosial dan pengajaran. Kampanye media sosial digunakan sebagai bentuk edukasi masyarakat tentang Covid-19 sedangkan pengajaran merupakan bentuk nyata kepedulian tentang pendidikan di masa pandemi. Kegiatan penerapan pembelajaran pada materi Fikih menggunakan metode demonstrasi ini dilakukan di Kelurahan Ngronggo kepada anak-anak TPQ al-Hikmah ang bertujuan memberikan alternatif di masa pembelajaran agama di masa pandemi. Hasil dari pengabdian tersebut menunjukkan respon positif, dimana anak-anak dapat menerima pembelajaran Fikih dan mendemonstrasikan agar dapat membantu mereka untuk belajar pendidikan agama Islam dengan lebih mudah dan bermakna.
This community service aims to introduce Fiqh learning using the demonstration method as alternative teaching during the Covid-19 pandemic. This community service is based on the Tri Dharma of Higher Education. This community service is a manifestation of the Thematic Real Work Lecture from home (KKN DR) IAIN Kediri program, which is carried out virtually and considers the applicable health protocols. These activities take various forms, including social media campaigns and teaching. Social media campaigns are used as a form of public education about Covid-19, while teaching is a natural form of concern about education during the pandemic. Implementing learning on Fiqh material using the demonstration method was carried out in Ngronggo Village for TPQ al-Hikmah children to provide an alternative to religious understanding during the pandemic. The results of this service show a positive response, where children can receive Fiqh learning and demonstrate so that it can help them to learn Islamic religious education more efficiently and meaningfully.
Downloads
References
Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, and Sari Narulita. “Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta,” Jurnal Studi Al-Qur’an, 10, no. 2 (2014): 119–131.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Astini, Ni Komang Suni. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” LAMPUHYANG 11, no. 2 (July 1, 2020): 13–25.
Buku Panduan : Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) IAIN Kediri 2021. Kediri: Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN KEDIRI, 2021.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Fathurrahman. Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Fince, Achmad Ramadhan, and Yusdin Gagaramusu. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas 1 SDN Dampala Kec. Bahodopi Kab. Morowali.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 1 (2015): 218–231.
Fitriani, Atika, and Eka Yanuarti. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa.” Belajea 3, no. 2 (2018): 174–202.
Hakim, Rosyid Ridlo Al. “Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 Di Sokanegara Purwokerto Banyumas.” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 2, no. 1 (2020): 7–13.
Hanafiah, Nanang, and Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2010.
Markaban, and Mahbib Khairan. Buku Siswa Fikih Kelas V. Jakarta: Kemenag RI, 2020.
Pujiasih, Erna. “Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19.” Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru 5, no. 1 (2020): 42–48.
Pujilestari, Yulita. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.” ’ADALAH 4, no. 1 (April 19, 2020): 24–35. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394.
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2009.
Shidiq, Sapiudin. Fikih Kontemporer. Jakarta: Kencana, 2017.
Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 50–60.
Umar, Ahmad Ulil Albab Al, Anava Salsa Nur Savitri, Yolanda Sryta Pradani, Mutohar, and Nur Khamid. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Iain Salatiga KKN 2021).” E-Amal 1, no. 1 (January 1, 2021): 39–44.
Waslah, Chusnul Chotimah, Faridatul Hasanah, and M. Abdul Munir Abidin. “Pelatihan Pembelajaran Tajwid Di TPQ Al Hidayah Desa Brodot Jombang.” JUMAT 1, no. 1 (December 2020): 21–24.
Wina, Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group, 2010.
Zuhaili, Wahbah. Fiqih Imam Syafii. Jakarta: Almahira, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Yahya Khabibi, Agus Miftakus Surur, Agus Subandono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.