THE ROLE OF IPNU - IPPNU IN EDUCATION DURING PANDEMI COVID -19
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v21i1.99Organisasi pelajar dapat bertindak sebagai salah satu penguat karakter bangsa di masa depan. Sebagai organisasi pelajar dibawah Banom NU, IPNU-IPPNU memiliki peran dalam menghadapi permasalahan bangsa, terutama disaat pandemi seperti. Tujuan penelitian ini untuk memberikan kajian tentang kontribusi organisasi pelajar IPNU-IPPNU dalam pendidikan dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Objek kajian yaitu peran IPNU dan IPPNU PAC Tlogowungu Kabupaten Pati dalam pendidikan di masa pandemic covid-19 dengan informan ketua IPNU-IPPNU, dan pengurus PAC Tlogowungu serta orang tua dan pelajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dengan teknik analisis data deskriptif analitik dengan pendekatan dari Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan terbesar IPNU-IPPNU dalam pendidikan di masa pandemic covid-19 adalah lemahnya akhlak pelajar karena kehilangan sosok guru sebagai teladan selama pembelajaran jarak jauh. Program pendukung pendidikan masa pandemi diantaranya webminar, teras pelajar, student corner, konco sinau, program dakwah melalui media sosial dan membentuk departemen yang khusus dalam dunia pendidikan, yaitu JSP (Jaringan Sekolah dan Pesantren). Keberhasilan program IPNU-IPPNU PAC Tlogowungu didukung dari antusiame kader dan dukungan stakeholder setempat, sedangkan hambatannya keterbatasan dana dan juga fasilitas penunjang kegiatan program kerja, ijin dan juga aturan yang kondisional mengikuti perkembangan kasus covid-19 yang mengakibatkan beberapa program di IPNU-IPPNU tidak dapat berjalan secara optimal.
Student organizations can act as one to strengthen the nation's character in the future. The student organizations under the NU Banom, IPNU, and IPPNU are expected to deal with the nation's problems, especially during this pandemic. This study investigates IPNU-IPPNU student organizations' contribution to education during the covid-19 pandemic. This research is a case study research with a qualitative approach. The object of the study was carried out on the role of IPNU and IPPNU PAC Tlogowungu Pati Regency in education during the covid-19 pandemic with informants, namely the leader of IPNU-IPPNU, administrators of PAC Tlogowungu, and also parents and students. Data collection techniques using interview and observation techniques with analytical data use descriptive analysis with the Miles and Huberman Model approach, including data reduction, data display, and verification techniques. The results showed that the biggest challenge of IPNU-IPPNU was the weakness of students' morals due to the loss of a teacher as a role model during distance learning. Educational support programs during the pandemic include webinars, student terraces, student corners, Konco Sinau, programs through social media, and forming a special department in the world of education, namely JSP (School Network and Islamic Boarding School). The supporting factors of the IPNU-IPPNU PAC Tlogowungu program, the enthusiasm of cadres and the support of local stakeholders, while the obstacles are limited funds and also supporting facilities for work program activities, permits, and also conditions that are conditionally uncertain following the development of the Covid-19 case which resulted in several programs at IPNU -IPPNU cannot run optimally.
Downloads
References
Afriantoni. Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Anam, A. Khoirul. Eksiklopedia Nahdlatul Ulama. Jakarta: Mata Bangsa dan PBNU, 2014.
Anwar, Rosihon. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Jamil, HM. Akhlak Tasawuf. Ciputat: Referensi, 2013.
Keputusan Bersama Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesahatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor tentang Panduan Penyeleng-garaan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/ce6bbaf6e8194cc
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas (Memberdayakan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan), Yogyakarta: Kanisius, 2018
Mulyadi., Seto, Heru Basuki & Hendro Prabowo. Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method: Perspektif yang Terbaru untuk Ilmu-ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Budaya. Raja Grafindo Persada, 2019), 172.
Nudin, Burhan. “Peran Budaya Organisasi IPNU- IPPNU Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam”. El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 10, no 1 (2017), 91-103. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol9.iss1.art5
PD/ PRT. Materi Kongres XIII. Jakarta: PP Nasional, 2000.
Pusat: Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, 2018), 60
Rahmanto, Ricky & Muhammad Turhan Yani, “Pemahaman Kader PKPT IPNU IPPNU Uni-versitas Negeri Surabaya tentang Wawasan Kebangsaan”, Jurnal Kajiann Moral dan Kewarganegaraan 3 no.3 (2015): 1369-1381. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/13158
Riziq, M., Abdul Mukhlis & Heru Susanto. “Peran Komunitas Sosial Keagamaan dalam Meningkatkan Religiusitas Remaja: Studi pada IPNU-IPPNU Ranting Capgawen Se-latan Kabupaten Pekalongan”. Komunitas: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 12 no.1 (2021), 50-62. https://doi.org/10.20414/komunitas.v12i1.3633
Sri Wahyuningsih, Kompyang. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar”. Pangkaja 24 no.1 (2021), 107-118. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/view/2185
Taruna, Tukiman. Analisis Organisasi Dan Pola-Pola Pendidikan. Semarang: Universitas Katolik Sowgijapranata, 2017.
Widiatmoko, Pipit, Agus Pramusinto dan Kodiran.” Peran Organisasi Kepemudaan dalam Membangun Karakter Pemuda dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi pada Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah)”. Ketahanan Nasional 22, no.1 (2016), Vol. 22 (1), 180-198. https://doi.org/10.22146/jkn.12002
Wahyudi, W Eka, & Mufarrihul Hazin. Pedoman Kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. Jakar-ta Pusat: Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, 2018.
Winarni, Endang Widi, Teori dan Praktik Penelitian Kuantiatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D), Bumi Aksara, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anista Ika Surachman, Heny Kusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.