Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Berbasis Life Skill (Studi pada Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren)
Active, Creative, Innovative Learning Strategies in Islamic Religious Education Based on Life Skills (A Study at Madrasahs in Islamic Boarding School Environments)
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i2.538Active, creative, innovative, and enjoyable learning strategies through cognitive, affective, and psychomotor reinforcement are well-known strategies in the education field since 2002. The research problems are as follows: (1) How is the learning organization strategy? (2) How is the learning delivery strategy? and (3) How is the operational learning strategy of active, creative, innovative, and enjoyable learning through cognitive, affective, and psychomotor reinforcement in Islamic religious education subjects based on life skills at madrasahs in Islamic boarding school environments? This research uses a qualitative approach with research locations at two madrasahs around Al Falah Putri Islamic Boarding School in Ampel Wuluban. The results show that the delivery strategy of active, creative, innovative, and enjoyable learning includes all teaching and learning programs aimed at enhancing the activeness of teachers and students. The operational and organizational strategies of both madrasahs involve treating students to develop independence, courage to express ideas, and learning evaluations oriented toward subjects and students.
Strategi pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan melalui penguatan kognitif, afektif, dan psikomotorik merupakan strategi yang telah dikenal dalam bidang pendidikan sejak tahun 2002. Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran? (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran? dan (3) Bagaimana strategi operasional pembelajaran dari strategi pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan melalui penguatan kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam berbasis life skill di madrasah lingkungan pondok pesantren? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di dua madrasah sekitar Pondok Pesantren Al Falah Putri Ampel Wuluban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyampaian pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan meliputi seluruh program proses belajar mengajar yang ditujukan untuk meningkatkan keaktifan guru dan siswa. Strategi operasional dan pengorganisasian di kedua madrasah memberikan perlakuan kepada siswa untuk memiliki kemandirian, keberanian mengemukakan ide, serta evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada mata pelajaran dan siswa.
Downloads
References
Abd. Rahman Al-Nahlawi. (1979). Uṣūl Al-tarbiyyah Al-Islāmiyyah wa Asālībuhā Fī Al-Bait wa Al-Madrasah wa Al-Mujtamaʿ. Mesir: Dar Al-Fikr.
Buchori, Mochtar. (1994). Pendidikan Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Buchori, Mochtar. (1994). Penelitian Pendidikan dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press.
Darajat, Zakiyah. (1980). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Dirjen PAI Depag, Bumi Aksara.
Darajat, Zakiyah. (1988). Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Degeng, Nyoman Sudana. (1989). Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel Pembelajaran. Jakarta: Dikbud, Projek LPTK.
Degeng, Nyoman Sudana. (1998). Terapan Teori Kognitif Dalam Disain Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Depdiknas. (2005). Kapita Selekta Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.
Freire, P. (1999). Politik Pendidikan Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan (Agung Prihantoro & Fuad Arief, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. New York: Basic Books.
Guba, Egon G., & Lincoln, Yvonna S. (1985). Epistemological and Methodological Bases of Naturalistic Inquiry. Dalam George F. Madaus, Michael Scriven, & Daniel L. Stufflebeam (Eds.), Evaluation Models. Boston: Kluwer Nijhoff.
Kemp, J.E., Morrison, G.R., & Ross, S.M. (1994). Designing Effective Instruction. USA: Macmillan College Publishing.
Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.
Muhaimin, et al. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Najid, M. (2003). PAKEM, Materi Pelatihan TOT-MBE-USAID.
Raka Joni, T., & Djunaidi, Lusiana D. (2005). Pembelajaran yang Mendidik: Artikulasi Konseptual, Terapan Kontekstual dan Verifikasi Empirik. Naskah Seminar Paradigma Pembelajaran PPS-Universitas Negeri Malang.
Rosdianah, Ruyan T., Arifin, Z., & Farboni. (1995). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Samani, Muchlas. (2007). Menggagas Pendidikan Bermakna: Integrasi Life Skill, KBK, MBS. Surabaya: SIC.
Sudrajat, H. (2004). *Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi: Perubahan Pendidikan dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003*. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.
Suparlan. (2003). Dari DA, Melalui CBSA, Sampai dengan PAKEM. Artikel. http://www.suparlan.com/artikel.php?aid=33
Thowaf, S.M. (1996). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama pada Abad XXI. Jurnal Tarbiyah, IAIN Sunan Ampel Malang.
Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2013 Mashudi Mashudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.