Pendidikan Agama Islam dalam Pluralitas Umat Beragama (Studi Kasus di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang)
Islamic Religious Education in the Plurality of Religious Communities (Case Study in Kedungrejo Village, Rowokangkung District, Lumajang Regency)
DOI:
https://doi.org/10.35719/fenomena.v12i1.536Every religion in this world advocates peace and goodness for humankind. However, every religion also demands a fanatical attitude from its adherents, which gives rise to exclusive followers. This seems paradoxical to the mutual respect among followers of different religions. In this context, religion appears to have two faces: sometimes as a destroyer, yet also as a unifier of humanity.
Setiap agama di dunia ini menyerukan kedamaian dan kebaikan bagi umat manusia. Namun, setiap agama juga menuntut sikap fanatik dari para pemeluknya, yang kemudian melahirkan pengikut yang eksklusif. Hal ini seolah menjadi paradoks dengan sikap saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda. Dalam konteks ini, agama seakan memiliki dua wajah: kadang sebagai penghancur, sekaligus pemersatu umat manusia.
Downloads
References
Abdullah, M. Amin. Studi Agama. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996.
Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Pustaka Firdaus, Jakarta, 1995.
Ahmad, Nazili Shaleh. Pendidikan dan Masyarakat. CV. Bina Usaha, Yogyakarta, 1989.
Al-Qardhawi, Yusuf. Kepribadian Muslim Modern. Dunia Ilmu, Surabaya, 1996.
Al-Syabani, Omar Muhammad Al-Toumy. Filsafat Pendidikan Islam. Bulan Bintang, Jakarta, 1979.
An Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani Pers, Jakarta, 1995.
Ansori, H.M. Hafi. Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional, Surabaya, 1982.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta, Yogyakarta, 1996.
Arifin, Syamsul. Spiritualisme Islam dan Perdamaian Dunia. SIPRESS, Yogyakarta, 1996.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos, Ciputat, 1999.
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Gema Risalah Pers, Jakarta, 1998.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta, 1995.
Engineer, Asghar Ali. Islam dan Teologi Pembebasan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.
Faizin, Nur. Dialog Antar Agama dan Kerukunan. Empati, Jakarta, 1997.
Fajar, Abdullah. Pemikiran dan Pendidikan Islam. Rajawali Pers, Jakarta, 1991.
Freire, Paulo. Politik Pendidikan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research I. Andi Offset, Yogyakarta, Cetakan XII.
Hidayat, Komaruddin. Membumikan Bahasa Agama. Paramadina, Jakarta, 1996.
Horald R. Isaacs. Pemujaan Terhadap Kelompok Etnis. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1993.
Kamal, Zainul. "Mencari Titik Temu Teologi Agama-Agama dalam Era Pluralisme Agama." Majalah El-Harakah, No. 46 Tahun XIV, Juni 1997.
Kuntowijoyo. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Mizan, Bandung, 1998.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, Cet. VII, 1996.
Ma’arif, Syafi’i, et al. Pendidikan Islam Indonesia. Tiara Wacana, Yogyakarta, 1991.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’arif, Bandung, 1981.
Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, Yogyakarta, 1996.
Muntasir, M. Saleh. Mencari Evidensi Islam. Rajawali Press, Jakarta, 1985.
Musyadi, Hasyim. NU Ditengah Agenda Persoalan Bangsa. Logos, Jakarta, 1999.
Nasution, S. Metode Research. Bumi Aksara, Jakarta, 1996.
Onghokham, et al. Dialog Kritik dan Identitas Agama. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1994.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1985.
Riyanto, Armada. Dalam Agama-Kekerasan Membongkar Eksklusivisme. Dioma, Malang, 2000.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif. Mizan, Jakarta, 1998.
Siregar, Marasudin, et al. Konsepsi Pendidikan Ibnu Khaldun (Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Modern). Jurusan Tarbiyah Walisongo IAIN Semarang dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.
Sofyan, Muhammad. Agama dan Kekerasan dalam Bingkai Reformasi. Media Pressindo, Yogyakarta, 1999.
Syari’ati, Ali. Ideologi Kaum Tertindas. Mizan, Bandung, 1985.
Taboroni, dan Syamsul Arifin. Islam, Pluralisme Budaya dan Politik. SIPRESS, Yogyakarta, 1994.
Tafsir, Ahmad. Pendidikan dalam Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1991.
Tap. MPR No. IV. *Garis-Garis Besar Haluan Negara 1999-2004*. Sinar Grafika, Jakarta, 1999.
The Gideons International. Perjanjian Baru. Lembaga Al-Kitab, Jakarta, 1993.
Topatimasang, Roem. Sekolah itu Candu. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.
UU RI No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Aneka Ilmu, Semarang, 1992.
Wahid, Abdurrahman. Membangun Demokrasi. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999.
Downloads
Section
License
Copyright (c) 2013 Subakri Subakri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.